Premier League 2019/2020

Transfer Liga Inggris: Lovren & Lallana Resmi Tinggalkan Liverpool

Oleh: Hendi Abdurahman - 28 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Dejan Lovren dan Adam Lallana resmi meninggalkan Liverpool usai Liga Inggris EPL Premier League 2019/2020.
tirto.id - Dejan Lovren dan Adam Lallana resmi meninggalkan Liverpool usai Liga Inggris 2019/2020. Lovren bergabung dengan raksasa Rusia, Zenit Petersburg, sedangkan Lallana tetap berkompetisi di EPL Premier League bersama Brighton & Hove Albion.

Kepergian kedua pemain pun telah dikonfirmasi oleh The Reds. Bagi Lovren, meski masih menyisakan kontrak bersama Liverpool, perannya tidak ada dalam rencana Jurgen Klopp musim depan.

Mantan pemain Southampton ini pun menerima pinangan Zenit dengan durasi kontrak tiga tahun. Laman resmi Liverpool menyebut jika nilai transfer Lovren menyentuh angka 10,9 juta Euro.

Selama 6 tahun bergabung bersama Liverpool, Lovren telah bermain dalam 185 penampilan dengan catatan 8 gol dan 5 asisst di semua kompetisi. Sementara di bawah asuhan Jurgen Klopp, bek Kroasia ini tampil sebanyak 141 pertandingan.

Untuk diketahui, hanya ada 6 pemain yang mampu tampil lebih banyak dari Lovren di bawah asuhan Klopp yakni Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, James Milner, Jordan Henderson, dan Gio Wijnaldum.

Untuk urusan gelar, Lovren turut berkontribusi dengan meraih trofi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Premier League, dan Piala Super Eropa. Kepergiannya pun membuat haru seluruh skuad.

Jordan Henderson dan Mohamed Salah, misalnya, menganggap jika Lovren merupakan pemain yang berkarakter dan akan selalu dirindukan.

“[Dejan] Lovren meninggalkan Anfield setelah memainkan peranan penting ketika juara Liga Champions musim lalu dan juga jadi bagian dari skuad yang sukses juara Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Premier Inggris musim 2019/2020,” tulis pernyataan resmi Liverpool.

“Semua orang di Liverpool FC ingin mengucapkan terima kasih kepada Lovren atas kontribusinya selama beberapa tahun, mendoakan yang terbaik baginya, untuk tantangan baru yang akan dijalaninya,” tambahnya.

Lallana Gabung Brighton

Di sisi lain, Adam Lallana hengkang ke Brighton dengan status bebas transfer. Selama enam tahun bergabung bersama The Reds, gelandang asli Inggris ini tampil dalam 178 penampilan dengan catatan 22 gol dan 22 assist.

Sama halnya dengan Lovren, Lallana juga telah meraih gelar Premier League, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

Kepergian Lallana pun cukup mengharukan. Bahkan, dengan segala dedikasinya kepada klub, pelatih Jurgen Klopp tak sungkan bilang bahwa Lallana adalah seorang legenda.

Melalui akun Instagram pribadinya, eks Southampton ini juga membeberkan rasa terima kasih kepada pihak yang turut membantu karier sepakbolanya. Tak hanya Klopp dan rekan-rekan, eks pelatih Liverpool, Brendan Rodgers pun turut disebut.

“Tiada hal selain cinta dan pengharagaan selama enam tahun ini. Terima kasih kepada semua orang yang luar biasa yang membuat tempat ini seperti rumah,” tulis Lallana.

“Para suporter selalu menerima saya. Para staf kelas dunia, tanpa mereka tak satu pun dari pencapaian kami sebagai pemain bisa tercapai. Saya tak menemukan kata yang tepat betapa berartinya mereka bagi saya. Mereka adalah segalanya,” tambah gelandang 32 tahun ini.


“Kepada Brendan Rodgers, saya akan selalu berterima kasih atas privelese yang dia berikan untuk mewakili klub ini. Kepada Jurgen Klopp, sebagai pria yang bahkan lebih baik selain sebagai pelatih sepak bola,” katanya.

Mengenai kepastian bergabungnya Adam Lallana dengan Brighton, pelatih Graham Potter mengaku senang. Menurutnya, kualitas Lallana tidak diragukan. Satu tempat di lini tengah pun diprediksi bakal sering diisi oleh penggawa kelahiran 10 Mei 1988 tersebut.

“Dia kaya pengalaman dan juga punya kualitas teknis. Penghargaan yang dimenanginya saat di Liverpool, hanya menegaskan kemampuan tekniknya,” ucap Potter seperti dikutip Mirror.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight