Trailer Film Biografi Aretha Franklin "Respect" Dirilis oleh MGM

Oleh: Dede Mudopar - 20 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Trailer film Biografi Aretha Franklin "Respect" dirilis oleh MGM pada 13 Agustus 2021.
tirto.id - Trailer film biopik penyanyi soul legendaris Aretha Franklin yang berjudul Respect telah rilis pada Rabu (19/4) melalui kanal YouTube Metro Goldwyn Mayer (MGM).

Dalam trailer yang berdurasi 2 menit 43 detik itu menggambarkan masa kecil Franklin, aksi panggungnya hingga sorotan tentang kisah cintanya. Selain merilis trailernya, MGM pun merilis poster resminya.

Sebagaimana dilansir dari Deadline, film Respect diproduksi oleh Metro-Goldwyn-Mayer yang bekerja sama dengan Bron Creative dan One Community.

Film yang disutradarai oleh Liesl Tommy itu rencananya akan dirilis pada 13 Agustus 2021.

Respect sendiri diambil dari judul lagu Franklin yang dirilis pada 1967 dan menjadi lagu pertamanya yang nomor satu di tangga lagu Billboard Hot 100.

Film Respect menghadirkan Jennifer Hudson sebagai bintang utama memerankan Aretha Franklin.

Hadir juga nama-nama seperti Forest Whitaker sebagai C.L. Franklin, Marlon Wayans sebagai Ted White, Audra McDonald sebagai Barbara Franklin, Tituss Burgess sebagai Reverend Dr. James Cleveland dan Marc Maron yang berperan sebagai Jerry Wexler.

Film ini berpusat pada kisah Aretha Franklin, seorang anak yang bernyanyi di paduan suara gereja ayahnya yang kemudian menjadi penyanyi superstar internasional.

Respect menjadi film debut pertama penyutradaraan Liesl Tommy. Dia merupakan wanita kulit hitam pertama yang dinominasikan untuk penghargaan Tony untuk Best Direction of a Play pada tahun 2016 untuk film dokumenter Behind the Curtain: Eclipsed.

Dia juga merupakan Associate Artist di Berkeley Rep dan Artist Trustee serta Board of Trustees Sundance Institute.

Penulisan skenario dikerjakan oleh Tracey Scott Wilson dengan cerita oleh Callie Khouri dan Wilson. Sedangkan pada kursi produser diduduki Harvey Mason Jr., Scott Bernstein, Jonathan Glickman, dan Stacey Sher.

Aretha Louise Franklin atau yang lebih dikenal dengan nama Aretha Franklin merupakan penyanyi dan pianis berkebangsaan Amerika Serikat.

Kariernya sebagai penyanyi dimulai sejak masih anak-anak menyanyikan lagu gospel di New Bethel Baptist Church yang berada di Detroit. Ayahnya yang bernama C. L. Franklin merupakan seorang pendeta di gereja tersebut.

Rekaman pertamanya dilakukan saat dia berusia 18 tahun di Columbia Records pada tahun 1960.

Perempuan berjuluk the Queen of Soul ini telah merilis beberapa albumnya yang terkenal seperti I Never Loved a Man the Way I Love You (1967), Lady Soul (1968), Young, Gifted and Black (1972), dan Amazing Grace (1972).

Selama kariernya dalam bermusik, Franklin telah memenangi 18 Grammy Awards dan merupakan salah satu penyanyi terlaris sepanjang masa dalam kategori RnB/Soul dengan angka penjualan 75 juta keping di seluruh dunia.

Pada 16 Agustus 2018, the Queen of Soul itu meninggal dunia di usianya yang ke-76 tahun akibat kanker yang dideritanya.



Baca juga artikel terkait ARETHA FRANKLIN atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dhita Koesno
DarkLight