Toyota, Suzuki & Mitsubishi Paling Banyak Diberitakan Selama 2018

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 20 Februari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Menurut hasil riset dari Binokular, Toyota adalah brand yang paling banyak disebut dalam berita yaitu sebanyak 36.106 kali atau 22,94 persen dari penyebutan brand secara keseluruhan.
tirto.id - Sepanjang tahun 2018, dunia otomotif di Indonesia telah cukup sukses menarik perhatian banyak kalangan, melalui persaingan brand-brand di berbagai acara pameran yang rutin diselenggarakan di Indonesia.

Mulai dari pameran otomotif tahunan berskala internasional, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan pada 19-29 April 2018 dan juga acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 digelar pada 2-12 Agustus 2018.

Lalu, bagaimana monitoring tren pemberitaan mengenai brand-brand otomotif sepanjang tahun 2018?

PT Binokular Media Utama sebagai salah satu perusahaan media monitoring dan riset media terbesar di Indonesia, tergerak melakukan riset pemberitaan di sektor otomotif sepanjang tahun 2018.

Pendataan pemberitaan dilakukan mencakup 248 media cetak, 404 media online, dan juga 24 stasiun TV dan radio.

Hasil monitoring pemberitaan media massa oleh Tim Binokular menunjukkan bahwa total penyebutan brand otomotif sepanjang periode tahun 2018 adalah sebanyak 157.408 kali dari 22 brand yang termonitor.

Brand yang paling mendominasi pemberitaan selama tahun 2018 adalah Toyota dengan jumlah penyebutan dalam berita sebanyak 36.106 kali atau mencapai 22,94 persen dari penyebutan brand secara keseluruhan di sejumlah media massa.

Brand Suzuki menempati posisi ke-2 dengan jumlah penyebutan 22.725 kali (14,44 persen). Posisi ke-3 yaitu Mitsubishi dengan 18.855 kali penyebutan (11,98 persen).

Selanjutnya, Posisi ke-4 hingga ke-6 secara berurutan yaitu Honda (Mobil) dengan 16.641 kali (10,57 persen), Daihatsu disebut 13.504 kali (8,58 persen) dan Nissan disebut 10.579 kali (6,72 persen).

Sedangkan untuk urutan ke-7 hingga ke-22 terdiri dari brand-brand yang disebut kurang dari enam ribu kali atau kurang dari 4,00 persen dari total penyebutan brand otomotif selama periode tahun 2018.

Di antaranya, yakni pada posisi ke-7 hingga ke-10 yaitu BMW dengan 5.456 kali penyebutan (3,47 persen), Datsun disebut 4.341 kali (2,76 persen), Wuling disebut 4.084 kali (2,59 persen) dan Mercedes Benz yang disebut 3.919 kali (2,49 persen).

Lalu, posisi ke-11 hingga ke-15 ditempati oleh Isuzu yang disebut 2.792 kali (1,77 persen), Hyundai disebut 2.531 kali (1,61 persen), Mazda disebut 2.530 kali (1,61 persen), Ford disebut 2.124 kali (1,35 persen) dan DFSK disebut 2.059 kali (1,31 persen).

Selanjutnya posisi ke-16 hingga ke-22 secara berurutan, yaitu brand KIA yang disebut 1.733 kali (1,10 persen), Audi disebut 1.721 kali (1,09 persen), Volkswagen/VW disebut 1.662 kali (1,06 persen), Renault disebut 1.617 kali (1,03 persen), Chevrolet disebut 1.611 kali (1,02 persen), Peugeot disebut 553 kali (0,35 persen) dan Mini disebut 265 kali (0,17 persen).

Persaingan Pemberitaan Mobil MPV

Berdasarkan hasil monitoring Binokular, untuk pemberitaan media massa kategori brand mobil MPV Menengah Ke Bawah selama periode tahun 2018 didominasi oleh Avanza yang disebut sebanyak 7.682 kali, selisih tipis dengan Ertiga yang disebut 7.601 kali dan Xpander yang disebut 7.588 kali.

Di posisi ke-4 yaitu Xenia yang disebut 3.404 kali, Mobilio disebut 2.069 kali dan Livina disebut 906 kali.

Jonfis Fandy (HPM), Narasumber Otomotif yang Paling Banyak Dikutip Media

Narasumber yang pernyataannya paling banyak dipublikasikan di berita otomotif oleh media selama tahun 2018 adalah Jonfis Fandy (Marketing and Aftersales Service Director of PT Honda Prospect Motor (HPM)) dengan total 2.498 kutipan.

Posisi ke-2 yaitu Fransiscus Soerjopranoto (Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM)) dengan 2.213 kutipan.

Disusul oleh Amelia Tjandra (Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM)) dengan 2.178 kutipan ada di posisi ke-3.

Selanjutnya pada posisi ke-4, yaitu Henry Tanoto (Vice President Director of PT Toyota Astra Motor (TAM)) dengan 1.091 kutipan.

Irwan Kuncoro (Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)) berada di posisi ke-5 dengan 954 kutipan.

Pada posisi ke-6 yaitu Airlangga Hartarto (Menteri Perindustrian) dengan 854 kutipan, kemudian posisi ke-7 yaitu Eiichi Koito (Mantan Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia) dengan 757 kutipan.

Posisi ke-8 hingga ke-10 yaitu Setiawan Surya (Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales) dengan 651 kutipan, selanjutnya Presiden Joko Widodo dengan 609 kutipan, dan Osamu Masuko (Chief Executive Mitsubishi Motors) dengan total 535 kutipan.

Media Online Memuat Berita Otomotif Terbanyak

Hasil monitoring Binokular selama tahun 2018 menunjukkan bahwa terdapat 151.276 berita otomotif, yang diberitakan oleh media cetak, online maupun elektronik (TV dan radio).

Sebanyak 64.375 berita (42,55 persen) dipublikasikan oleh media cetak, 86.064 berita (56,89 persen) dipublikasikan oleh media online dan 837 berita (0,55 persen) oleh media elektronik.

Dari 248 media cetak yang dipantau telah mempublikasikan berita otomotif sebanyak 64.375 berita.

Media cetak yang paling banyak memberitakan otomotif adalah koran Bisnis Indonesia dengan 2.254 berita. Posisi ke-2 yaitu Tabloid Otomotif dengan 1.965 berita.

Hal ini bersesuaian dengan spesialisasi tabloid tersebut adalah segala hal yang berkaitan dengan dunia otomotif.

Disusul Koran Sindo pada posisi ke-3 yaitu dengan 1.518 berita. Selanjutnya, posisi ke-4 dan ke-5, yaitu Jawa Pos dan Investor Daily dengan masing-masing 1.461 berita dan 1.394 berita.

Sementara untuk media online, terdapat 404 media yang dipantau dengan berita otomotif yang terpublikasi sebanyak 86.064 berita.

Detik.com paling banyak memberitakan otomotif dengan berita sebanyak 7.235 berita selama periode tahun 2018.

Posisi ke-2 yaitu kompas.com dengan 5.708 berita dan posisi ke-3 yaitu tribunnews.com dengan 3.794 berita.

Viva.co.id serta liputan6.com menempati posisi ke-4 dan ke-5 yaitu dengan berita masing-masing sebanyak 3.216 dan 3.170 berita.

Sedangkan untuk media TV, dari 24 stasiun TV dan radio yang terpantau menayangkan total 837 berita otomotif, Metro TV mendominasi dengan 124 berita.

Disusul oleh CNN Indonesia dengan 94 berita di posisi ke-2 dan Berita Satu sebanyak 76 berita di posisi ke-3.

Selanjutnya, posisi ke-4 dan ke-5 ditempati oleh Kompas TV sebanyak 72 berita dan TV One dengan 49 berita.


Baca juga artikel terkait INDUSTRI OTOMOTIF atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH