Menuju konten utama

Toyota Calya Jadi Bintang TAM di Bulan Agustus

Toyota Astra Motor membukukan pencapaian angka penjualan yang positif pada Agustus lalu, di mana Calya menjadi bintang utama dari kinerja apik tersebut.

Toyota Calya Jadi Bintang TAM di Bulan Agustus
Pengunjung antusias memperhatikan mobil Toyota All New Calya yang ditampilkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di Tangerang, Banten, Rabu (17/8). Sebagai mobil segmen new entry MPV, All New Calya memiliki cabin yang lebih luas di segmennya dan merupakan True MPV 7-seater dengan fitur terlengkap di kelasnya yang ditawarkan dengan harga terjangkau kepada masyarakat. ANTARA FOTO/Audy Alwi.

tirto.id - Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mencatatkan angka penjualan ritel yang manis pada bulan Agustus 2016 ini. Bisa ditebak, adalah Toyota Calya yang menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pencapaian TAM tersebut.

TAM membukukan penjualan ritel 36.041 unit dengan pangsa pasar 37,8 persen pada Agustus dan mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan, yakni 67,1 persen, jika dibandingkan bulan sebelumnya. Segmen Multi-Purpose Vehicle (MPV) berkontribusi besar terhadap kinerja Toyota pada bulan lalu dengan Calya yang menjadi bintangnya setelah penjualan ritel mobil tersebut mencapai 8.266 unit.

Komposisi terbesar penjualan ritel Calya berasal dari DKI Jakarta sebesar 27,2 persen dan diikuti Jawa Barat dengan 17,9 persen, serta Jawa Timur 7,1 persen. Sisanya tersebar di hampir semua wilayah di Tanah Air.

"Pasar Calya di daerah cukup besar. Ini membuktikan bahwa kehadiran entry MPV juga sangat diminati oleh masyarakat daerah-daerah," kata Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto, dalam keterangan tertulis, Selasa (20/9/2016), seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Segmen MPV Toyota, seperti biasanya, mencatat kinerja yang positif. All New Sienta yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu, misalnya, menorehkan angka total penjualan ritel sebanyak 2.352 unit.

Penjualan Avanza di segmen low MPV juga naik 28,9 persen menjadi 9.762 unit, dengan pangsa pasar 39,6 persen sepanjang bulan lalu. Saudara tua Avanza, Kijang Innova, di sisi lain, naik 31,1 persen dengan volume sebanyak 4.599 unit dengan pangsa pasar yang makin dominan sebesar 96,9 persen. Sementara untuk segmen premium MPV, penjualan ritel Toyota Alphard tumbuh 67,8 persen dengan volume sebanyak 349 unit.

Terlepas dari kinerja segmen MPV tersebut, segmen Sport Utility Vehicle (SUV) TAM yang disokong oleh Rush dan Fortuner membukukan pertumbuhan tertinggi di antara segmen mobil penumpang Toyota. TAM membukukan total penjualan ritel SUV sebesar 4.306 unit sepanjang bulan lalu.

Di segmen compact car, TAM membukukan total penjualan 4.804 unit pada bulan lalu atau tumbuh sekitar 3,9% dibandingkan dengan pencapaian pada bulan sebelumnya sebanyak 4.622 unit.

Pada bulan lalu, tidak hanya mobil penumpang, segmen kendaraan niaga dengan product line-up Toyota Hilux, Dyna, dan commercial van HiAce juga mengalami pertumbuhan, dengan total penjualan 1.067 unit atau naik 39,5 persen dibandingkan dengan Juli 2016.

Baca juga artikel terkait TOYOTA atau tulisan lainnya dari Ign. L. Adhi Bhaskara

tirto.id - Otomotif
Reporter: Ign. L. Adhi Bhaskara
Penulis: Ign. L. Adhi Bhaskara
Editor: Ign. L. Adhi Bhaskara