Liga Champions

Tottenham vs City di 8 Besar, Begiristain: Semua Tim Punya Peluang

Oleh: Permadi Suntama - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manchester City bertemu sesama tim Inggris, Tottenham Hotspur, pada perempat final Liga Champions.
tirto.id - Hasil drawing babak 8 besar Liga Champions 2018/2019, yang berlangsung di Nyon, Swiss, mempertemukan dua tim Liga Inggris, Tottenham Hotspur dan Manchester City, untuk saling berhadapan demi memeroleh satu tiket di babak semifinal.

Direktur olahraga Manchester City Txiki Begiristain, menyebut 8 tim yang masih bertahan, memiliki peluang yang sama untuk lolos ke semifinal.

“Kami di sini [Liga Champions]. Semua orang pantas menjadi kandidat [untuk menjadi juara] dalam kompetisi ini. Ajax, mereka [berhasil menumbangkan] Real Madrid, Porto [menumbangkan] AS Roma. Semua tim [yang berada di delapan besar] adalah kandidat,” kata Begiristain, seperti dikutip laman resmi Manchester City, Jumat (15/3/2019).

Kendati demikian Begiristain, yang juga pernah menjabat sebagai direktur olahraga Barcelona, itu yakin The Cityzens mampu menembus babak semifinal. Kendati begitu, Bergiristian menyebut bahwa anak asuh Pep Guardiola, mesti mewaspadai semangat yang dimiliki oleh The Lily White. Pasalnya, Spurs akan bermain di kandang mereka, New White Hart Lane, di babak 8 besar Liga Champions, setelah sebelumnya harus mengungsi di Stadion Wembley.

Selain itu, keberhasilan Spurs melaju ke babak 8 besar juga diwarnai perjuangan luar biasa, ketika mereka berhasil menempati peringkat ke-2 fase grup di bawah Barcelona. Hitung-hitungan kala itu adalah Spurs wajib menang, untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Jika gagal meraup poin, mereka akan gugur, sementara pesaingnya, Inter Milan, juga memerlukan kemenangan, namun menghadapi tim terlemah di grup, PSV Eindhoven.

Spurs bermain imbang di Camp Nou, namun di luar dugaan Inter justru tumbang dari PSV di Giuseppe Meazza. Spurs berhasil lolos secara dramatis, dan berhasil menang meyakinkan saat berjumpa Dortmund di babak 16 besar.

“Kami percaya diri [melaju ke babak berikutnya]. Kami menjalani [musim ini] dengan baik, kami memiliki musim yang baik dan kami berada di tempat yang baik sekarang dengan [gaya permainan] sepak bola yang kami mainkan.

“Saya juga sangat senang bahwa kami akan bermain di stadion baru [New White Hart Lane],” tambah Bergiristian,” tambah Begiristain.

Musim lalu, Manchester City juga bertemu klub Inggris, Liverpool di babak 8 besar, dan terhenti di tangan The Reds. Sementara itu, Spurs malah bernasib lebih sial. Setelah tampil gemilang dengan menjuarai grup di atas Real Madrid, Harry Kane dan rekan-rekan harus terhenti di tangan Juventus.

Musim ini Manchester City sudah sekali bertemu dengan Tottenham Hotspur di Wembley, dan berhasil menang melalui gol tunggal Riyad Mahrez. Sementara di kompetisi Eropa, keduanya belum pernah bertemu sama sekali.

Di leg pertama, Tottenham Hotspur akan menjamu Manchester City terlebih dahulu di New White Hart Lane, pada 9 April 2019, sebelum gantian bertanding ke Stadion Etihad, sepekan kemudian. Setelah leg kedua, Spurs akan kembali mengunjungi Stadion Etihad, untuk berlaga di pekan-pekan krusial Liga Inggris.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Permadi Suntama