Total Hadiah Piala Asia 2019 Nyaris 15 Juta Dolar AS

Oleh: Oryza Aditama - 1 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gelaran Piala Asia 2019 menawarkan jumlah hadiah yang fantastis, hampir 15 juta dollar AS akan diperebutkan 24 tim di Uni Emirat Arab.
tirto.id - Hadiah dengan jumlah fantastis tersedia di Piala Asia 2019 yang digelar dari 5 Januari sampai 1 Februari di Uni Emirat Arab. Tak kurang 14.800.000 dolar AS bakal diperebutkan 24 tim yang akan bertarung di Piala Asia tahun ini yang akan digelar di Uni Emirat Arab (UEA) tersebut.

Seluruh tim dalam kejuaraan ini, mereka sudah dipastikan akan mengantongi ‘uang lelah’ masing-masing 200 ribu dolar AS sepanjang babak penyisihan yang dibagi ke dalam 6 grup. Jumlah tersebut akan mencapai angka 4,8 juta dolar AS jika dikalikan dengan seluruh tim yang akan berlaga.

Tim yang berhasil lolos dari babak penyisihan grup tentu akan diganjar dengan tambahan hadiah lagi. Sedangkan bagi tim yang terdepak di babak semifinal, akan mendapat ‘hadiah hiburan’ masing-masing sejumlah 1 juta dolar AS.

Hadiah lebih fantastis lagi bakal menunggu bagi dua tim yang berhasil menembus partai puncak. Runner-up kejuaraan ini akan membawa pulang tambahan hadiah 3 juta dolar AS. Sedangkan sang kampiun Piala Asia 2019 bakal diguyur dengan ganjaran 5 juta dolar AS.

Secara total tak kurang hadiah uang 14,8 juta dollar AS telah disediakan untuk meramaikan edisi ke-17 kejuaraan sepak bola negara-negara Asia tersebut. Bahkan Fox Sports Asia menyebutkan jika total hadiah yang disediakan pada Piala Asia tahun ini, tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang sejarah turnamen tersebut.



Berdasar hasil drawing, ke-24 tim yang akan berlaga di kejuaraan ini telah dibagi ke dalam 6 grup, dengan masing-masing grup terdiri dari 4 tim. Mereka adalah seabgai berikut.
  • Grup A: Bahrain, India, Thailand, dan Uni Emirat Arab.
  • Grup B: Australia, Jordania, Palestina, dan Syria.
  • Grup C: Cina, Korea Selatan, Kyrgyzstan, dan Filipina.
  • Grup D: Iran, Irak, Vietnam, dan Yaman.
  • Grup E: Korea Utara, Lebanon, Qatar, dan Arab Saudi.
  • Grup F: Jepang, Oman, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight