Top Skor Copa America 2021: Lionel Messi Raih Gelar Ungguli Diaz

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 11 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Lionel Messi dan Luis Diaz (Kolombia) sama-sama mengemas 4 gol, tetapi striker Argentina unggul dari segi total catatan assist.
tirto.id - Top skor Copa America 2021 resmi disabet oleh Lionel Messi dari Argentina. Total, La Pulga telah membukukan 4 gol dari 7 pertandingan yang dilakoninya. Gelar Individu tersebut resmi diraih Messi setelah mampu membawa Argentina menjuarai Copa America 2021.

Raihan Messi sebenarnya sama dengan Luis Diaz. Penggawa Kolombia tersebut mampu mencetak total 4 gol dari 5 pertandingan yang dilakoninya. Namun, Messi unggul dari segi total catatan assist-nya, yakni 5.

Gol pertama Messi dilesakkan pada laga perdana melawan Cile di Grup A. Kala itu, Messi mampu mencetak 1 gol. Lalu, di laga terakhir fase grup melawan Bolivia, Messi kembali tampil menawan dengan mencetak 2 gol dan 1 assist.

Sementara itu, gol ke-4 La Pulga terjadi di laga perempat final. Messi bersama Argentina bersua Ekuador kala itu. Pemain yang belum memperpanjang kontrak bersama Barcelona itu pun kembali mendominasi laga tersebut, dengan catatan 1 gol dan 2 assist.

Dalam laga final yang digelar Minggu (11/7), Argentina berhasil mengalahkan Brasil dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol kemenangan Tim Tango dicetak oleh Angel Di Maria di menit 22.


Setelah mencetak 1 gol tersebut, Argentina kontras fokus di pertahanan. Permainan pun lebih dikuasai oleh Brasil. Statistik menunjukkan, Selecao mampu mencatatkan 13 tembakan. Penguasaan bola skuad asuhan Tite itu pun lebih banyak, yakni mencapai 60 persen.

Meskipun tidak mampu mencetak gol, Messi tampil apik di laga tersebut. Bahkan, Messi beberapa kali membantu menjaga pertahanan timnya dari serangan Brasil. Tidak mengherankan jika Messi tampil spartan di final itu, sebab ia sudah lama puasa gelar bersama Argentina.

Sebelumnya, sejak melakukan debut timnas senior pada 2005 silam, Messi belum pernah meraih gelar kompetisi besar sama sekali. Mentok, raihan Messi hanya medali emas di Olimpiade 2008.

Messi bersama Albiceleste beberapa kali punya kans meraih gelar Copa America. Namun, mereka selalu gagal di final. Pada Copa America 2007, Argentina tumbang di tangan Brasil dengan skor 3-0. Selanjutnya, di final 2015, Albiceleste kembali gagal meraih juara setelah kalah di babak adu penalti melawan Cile dengan skor 5-6.

Kini, Messi bisa bernapas lega usai memenangi gelar Internasional pertama bagi Argentina. Tekad Messi untuk mempersembahkan gelar tersebut bukan tanpa pengorbanan. Di babak semifinal melawan Kolombia lalu, ia mengalami pendarahan di kakinya.

"Lionel Messi main melawan Kolombia dan Brasil dengan masalah hamstring," kata Lionel Scaloni, pelatih Argentina.

Selain menjadi pencetak gol terbanyak, Messi juga melengkapi performa hebatnya dengan merengkuh penghargaan Pemain Terbaik Copa America 2021. Trofi tersebut sudah dipastikan oleh Conmebol beberapa jam sebelum partai final. Messi berbagi penghargaan Pemain Terbaik turnamen tersebut bersama dengan teman sekaligus rivalnya, Neymar.


Top Skor Copa America 2021


1. Lionel Messi - 4 gol

2. Luis Diaz - Kolombia (4 gol)

3. Gianluca Lapadula - Peru (3 gol)

3. Lautaro Martinez - Argentina (3 gol)

4. Andre Carrillo - Peru (2 gol)

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Ibnu Azis
DarkLight