Liga Champions

Top Skor & Assist Terbaru Jelang Final UCL 2020: Lewandowski 15 Gol

Oleh: Beni Jo - 23 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Laga final UCL malam ini, PSG vs Bayern membuka peluang lebar bagi Lewandowski meraih gelar top skor Liga Champions 2020.
tirto.id - Robert Lewandowski menjadi top skor Liga Champions 2019/2020 sementara, dengan torehan 15 gol. Bomber Bayern Munchen itu unggul 5 gol atas Erling Haaland sebagai runner-up.

Penyerang berpaspor Polandia tersebut bahkan tidak pernah melewatkan penampilannya di Liga Champions 2019/2020 tanpa membobol gawang lawan.

Sejak fase grup hingga semifinal UCL 2020, atau dalam 9 pertandingan, pemain 32 tahun itu selalu berhasil mengoyak jala lawan hingga sebanyak 15 kali.

Lewandowski duduk sebagai pemuncak top skor Liga Champions 2019/2020 setelah mencetak gol yang membobok gawang Crvena Zvezda (5 gol), Tottenham (2 gol), Olympiacos (3 gol), Chelsea (3 gol), Barcelona (1 gol), dan Lyon (1 gol).


Kini, eks bomber Borussia Dortmund tersebut berpotensi tampil dalam laga ke-10 saat duel final UCL 2020, antara Bayern Munchen kontra Paris Saint-Germain (PSG). Pertandingan pemungkas Liga Champions 2019/2020 menjadi tantangan terakhirnya untuk melesakkan gol di ajang level Eropa musim ini.

Jika berhasil membobol gawang tim asuhan Thomas Tuchel, bukan saja catatan selalu mencetak gol yang bakal dia dapatkan. Gelar top skor UCL 2020 pun berpotensi dapat disabet Lewandowski lantaran tambahan golnya tersebut.

Di bawahnya, terdapat Erling Haaland. Pemain Dortmund ini mencetak 10 gol saat memperkuat Die Borussen dan tim sebelumnya, Red Bull Salzburg. Penyerang Norwegia itu sudah tidak bisa menambah gol karena timnya tersingkir lebih dulu.

Sebagai penghuni peringka ketiga adalah Serge Gnabry. Rekan Robert Lewandowski di lini depan Bayern Munchen itu mengoleksi 9 gol. Artinya, mantan pemain Arsenal tersebut setidaknya butuh tambahan 6 gol lagi untuk bisa menyamai catatan milik sang partner.


Lewandowski Puncaki Top Assist Bareng Di Maria

Selain berpotensi merebut sepatu emas UCL 2020, Lewandowski juga berpeluang merebut gelar pencetak assist terbanyak di Liga Champions musim ini.

Saat ini, Lewandowski tak hanya menduduki peringkat pertama dalam daftar sementara pencetak gol UCL 2020 yang terbanyak. Dia juga memuncaki daftar top assist Liga Champions 2019/2020 bersama dengan Ángel Di María.

Kedua pemain turut berperan dalam 6 gol yang dilesakkan masing-masing tim hingga sama-sama mengoleksi 6 assist. Selain Lewandowski dan Di Maria, sejumlah pemain PSG juga masih mungkin menjadi pencetak assist terbanyak di UCL musim ini.


Les Parisiens mempunyai Kylian Mbappé yang mencatatkan 5 assist dan Neymar dengan 4 assist-nya. Oleh karena itu, meski tak ada pemainnya yang menduduki puncak top skor, ada 3 anggota pasukan Thomas Tuchel yang masih berpeluang menjadi pencetak assist terbanyak.

Torehan ini pun dapat menjadi amunisi tersendiri bagi PSG dalam mengimbangi permainan calon lawan yang lebih mengandalkan ketajaman lini depan.

1. Daftar top skor Liga Champions 2019/2020.

Pemain Klub Gol Assist
Robert Lewandowski Bayern 15 6
Erling Haaland Dortmund 10 1
Serge Gnabry Bayern 9 1
Gabriel Jesus Man City 6 3
Raheem Sterling Man City 6 3
Dries Mertens Napoli 6 1
Harry Kane Tottenham 6 0
Memphis Depay Lyon 6 0


2. Daftar top assist Liga Champions 2019/2020.

Pemain Klub Assist
Robert Lewandowski Bayern 6
Ángel Di María PSG 6
Kylian Mbappé PSG 5
Hakim Ziyech Ajax 5
Houssem Aouar Ajax 5
Corentin Tolisso Bayern 4
Neymar PSG 4
Riyad Mahrez Man City 4
Roberto Firmino Liverpool 4
Alphonso Davies Bayern 4



Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight