T.O.P BIGBANG Resmi Akhiri Tugas Wajib Militer pada 6 Juli

Oleh: Maria Ulfa - 8 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
T.O.P BIGBANG selesaikan masa wajib militer pada 6 Juli dan dilanjutkan dengan melakukan jumpa fan.
tirto.id - T.O.P BIGBANG secara resmi telah menyelesaikan wajib militernya (wamil) pada Sabtu (6/7/2019) di bagian pelayanan publik kantor Museum Craft di Distrik Yongsan. Setelah masa baktinya tersebut selesai, T.O.P memutuskan untuk menemui para penggemarnya.

Para penggemar T.O.P telah berkumpul di depan sekolah dasar (SD) Hannam untuk menemui T.O.P tanpa sepengetahuan media.

T.O.P yang mengenakan setelah jas berwarna hitam akhirnya muncul di lokasi dan kemudian membungkuk kepada para penggemarnya, bahkan secara langsung T.O.P menyalami satu-persatu para penggemarnya yang hadir.

Sebelumnya, YG Entertainment mengungkapkan bahwa T.O.P tidak akan membuat acara lain atau menyapa media setelah menyelesaikan tugas wajib militernya.

“Karena khawatir hal itu akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi para pengunjung di Museum, T.O.P berharap untuk bisa bergerak secara diam-diam,” ujar perwakilan YG Entertainment terkait pertemuan rahasia tersebut, demikian seperti dikutip Ktimes.

Perwakilan tersebut melanjutkan, “T.O.P tidak akan membagikan perasaannya terkait perpindahannya ke lokasi lain.”

T.O.P memulai masa wajib militernya pada bulan Februari 2017 sebagai salah satu petugas kepolisian di kantor polisi Seoul Metropolitan.

Belum genap satu tahun menjalani masa baktinya, T.O.P terpaksa harus menunda kegiatan militernya akibat kasus narkoba yang menimpanya, yakni penggunaan marijuana pada tahun 2017. T.O.P dijatuhi hukuman selama 10 bulan penjara dan masa percobaan selama 2 tahun, demikian seperti dilansir MK Sports.

Berdasarkan hasil perundingan pihak kepolisian Seoul Metropolitan, pada Juli 2017, diputuskan bahwa T.O.P tidak diperkenankan untuk melanjutkan kegiatan wamilnya di kantor tersebut.

Selain itu, pihak kepolisian Seoul Metropolitan juga mengatakan bahwa masa kerja T.O.P sebagai pegawai kepolisian selama kurang lebih 6 bulan telah dihapuskan, sehingga ia diharuskan mengulang masa wajib militer dari awal terhitung sejak Januari 2018.

Atas pengulangan itu, T.O.P dijadwalkan akan menyelesaikan masa baktinya pada Agustus 2019. Namun, akibat adanya peraturan militer baru di Korea tentang pengurangan masa wamil, maka T.O.P dapat menyelesaikan masa wamilnya pada 6 Juli 2019.

T.O.P menjadi anggota BIGBANG pertama yang menyelesaikan tugas wajib militernya. G-Dragon, Taeyang dan Daesung yang mendaftar mawil pada awal 2018 lalu diperkirakan akan menyelesaikan masa wamilnya pada akhir 2019 mendatang.

Baca juga artikel terkait WAJIB MILITER KOREA SELATAN atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
DarkLight