T.O.P "BIGBANG" Akan Akhiri Wamil Pada 8 Juli 2019

Oleh: Syarifah Aini - 21 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Salah satu personel BIGBANG, TO\.O.P akan segera mengakhiri masa wajib militernya pada 8 Juli 2019.
tirto.id - T.O.P “BIGBANG” akan segera menyelesaikan wajib militernya pada 8 Juli 2019 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Perwakilan dari kantor distrik Yongsan.

“Ya, Choi Seung Hyun (nama asli T.O.P) akan mengakhiri masa Wamil pada 8 Juli 2019,” ungkapnya seperti dilansir Naver.

“Karena adanya peraturan baru mengenai pengurangan masa Wamil pada bagian pelayanan publik mulai tahun lalu, maka masa pelayanannya diperpendek selama 27 hari,” lanjutnya.

Melansir dari All Kpop, peraturan pengurangan masa pelayanan wajib militer ini pertama kali dikabarkan oleh pemerintah pada 27 Juli 2018 lalu.

Kebijakan ini mulai diberlakukan kepada para laki-laki asal Korea Selatan yang memulai Wamilnya di divisi pelayanan publik pada 3 Oktober 2016.

T.O.P mulai dikenal publik ketika debut dalam sebuah boy group besutan YG Entertainment bernama BIGBANG pada tahun 2006 silam. Bersama keempat personel lainnya yaitu GD, Taeyang, Daesang, dan Seungri (kini sudah keluar dari BIGBANG dan YG), BIGBANG sukses menciptakan lagu-lagu ternama seperti “Blue”, “Fantastic Baby“, “Bang Bang Bang”, “Liar”, hingga “Flower Road”.

Setelah sukses berkarya selama 11 tahun di industri musik Korea, BIGBANG akhirnya memulai masa hiatusnya sebagai boy group pada tahun 2017. Hiatusnya BIGBANG disebabkan oleh wamilnya keempat personel yang diawali oleh T.O.P.

Rapper dari BIGBANG tersebut memulai masa wamilnya pada Februari 2017 lalu sebagai polisi militer.

Namun ia kemudian kehilangan posisi tersebut setelah terjerat kasus narkoba bersama seorang trainee perempuan pada tahun 2017.

Pada persidangan atas kasus yang digelar pada 29 Juni 2017, artis asuhan YG Entertainment ini terbukti telah menggunakan narkoba tipe mariyuana selama 4 kali dalam setahun tepatnya pada bulan Oktober 2016. Pada penyidikan awal, T.O.P mengaku tak tahu menahu bahwa rokok yang ia hisap mengandung mariyuana.

Namun setelah menjalani pemeriksaan lanjutan, ia akhirnya mengaku bahwa dari 4 kali penggunaan, 2 sisanya ia konsumsi secara sadar.

Atas kasus tersebut, T.O.P wajib menjalani masa percobaan selama 10 bulan lamanya.

Usai menjalani pemeriksaan oleh pihak kepolisian, pelantun lagu “Dom Da Da” ini akhirnya memulai kembali masa wajib militernya dari awal.

Selain itu ia juga dipindahkan dari divisi militer ke ke unit pelayanan publik terhitung sejak 26 Januari 2018.

Setelah pengulangan masa wamil, T.O.P dijadwalkan akan mengakhiri masa pelayanannya pada Agustus 2019.

Namun berkat adanya perubahan peraturan mengenai pengurangan masa wajib militer, maka ia dijadwalkan akan mengakhiri masa wamilnya pada 8 Juli 2019 mendatang.

Baca juga artikel terkait KPOP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight