Tontowi/Winny Diberi Target Tembus 8 Besar Tiga Turnamen Eropa

Oleh: Oryza Aditama - 31 Januari 2019
Duet ganda campuran paling anyar, Tontowi Ahmad dan Winny Oktavina Kandow, diharapkan mampu masuk perempat final dalam tiga kejuaraan Eropa pada Februari dan Maret tahun ini (Spain Masters 2019, German Open 2019, dan All England 2019).
tirto.id - Duet Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow diharapkan oleh Nova Widianto, pelatih ganda campuran PBSI, mampu menembus babak perempat final dalam tiga turnamen Eropa yang bakal mereka ikuti. Ketiga turnamen itu adalah Spain Masters 2019, German Open 2019, dan All England 2019.

Dilansir dari Antara Rabu (30/1/2019), Nova menyebutkan, "Mereka masih bisa ikut tiga turnamen di Eropa serta tiga turnamen di Asia seperti India Terbuka, Malaysia Terbuka, serta Singapura Terbuka 2019.

"Mereka minimal bisa masuk pertandingan sampai putaran perempat final dalam tiga turnamen di Eropa dan tiga turnamen di Asia itu," tambah pelatih yang mengantongi medali perak Olimpiade 2008 kala berduet bersama Liliyana Natsir tersebut.

Nova Widianto menyatakan, tim pelatih akan memperbanyak porsi latihan bagi Tontowi/Winny untuk meningkatkan pola komunikasi dan kekompakan. Tontowi sendiri baru saja kehilangan tandem sejatinya, Liliyana Natsir, yang pensiun usai ajang Indonesia Masters 2019 pekan lalu.

"Pola permainan Tontowi dengan Liliyana tentu akan berbeda ketika Tontowi dengan Winny. Tontowi harus lebih bekerja keras. Kami akan memperbanyak latihan agar mereka mendapatkan pola komunikasi dan cara bermain yang kompak," terang Nova.

Sebelum diduetkan bersama Tontowi, Winny lebih kerap bermain sektor ganda campuran bersama Akbar Bintang Cahyono. Berdasar update terbaru peringkat dunia BWF 2019 pekan ke-5 (29/1/2019), pasangan Akbar/Winny menduduki posisi 31 dunia. Sementara duet Tontowi/Liliyana bertengger di urutan 4 dunia.

Berakhirnya duet Tontowi/Liliyana secara tidak langsung turut menghapus wakil Indonesia dari dalam daftar 10 besar peringkat dunia sektor ganda campuran.

Pasalnya, kini peringkat terbaik wakil Indonesia hanya diduduki oleh Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di peringkat 14. Serta duet Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di posisi 15 dunia.


Baca juga artikel terkait TURNAMEN BULU TANGKIS atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Oryza Aditama