Tolak Pin Emas, PSI Jual Pin Rp50 Ribu dengan Bahan Lebih Murah

Oleh: Haris Prabowo - 27 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
PSI mengajak seluruh anggota DPRD DKI Jakarta sepakat dengan ide PSI untuk menolak menggunakan pin emas dan bisa mendapatkan pin dengan harga lebih murah Rp50 ribu yang lebih efisien anggarannya.
tirto.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kembali mengeluarkan pernyataan terkait pin emas yang belakangan ramai diperbincangkan di media sosial. Sebelumnya, PSI DKI telah mengeluarkan sikap untuk menolak pin emas yang akan diberikan kepada delapan anggota DPRD DKI Jakarta yang baru saja dilantik, Senin (26/8/2019) lalu.

Tak hanya itu, mereka juga mengajak seluruh politisi dan anggota DPRD DKI Jakarta lainnya yang sepakat dengan ide PSI untuk menolak menggunakan pin emas dengan pin yang lebih efisien anggarannya.

"Karena PSI menggalang gerakan dan mengimbau agar seluruh anggota DPR dan DPRD mengembalikan pin emas dan diganti dengan pin dengan bahan yang lebih murah," kata politikus PSI Rian Ernest, yang mengaku sebagai Koordinator Gerakan Ganti Pin Emas (GEMAS), saat ditemui Selasa (27/8/2019) siang.

Tak hanya itu, Rian juga menawarkan bagi anggota DPR RI dan DPRD DKI yang ingin mendapatkan pin dengan bahan kuningan yang lebih murah bisa menghubungi DPP PSI dengan harga Rp50 ribu per pin.

"Dana pemesanan akan dikumpulkan dan disumbangkan ke kelompok masyarakat yang lebih membutuhkan. Gerakan ini adalah langkah awal untuk menggalang partisipasi publik dan mendorong kesadaran anggota DPR dan DPRD untuk sensitif dan peka terhadap pemborosan anggaran publik," katanya.

"Karena saya yakin banget banyak anggota DPRD yang sepakat dengan ide kami, tapi enggak tahu bagaimana mendapatkan pin murah," lanjutnya.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak pin berbahan emas untuk anggota DPRD DKI Jakarta yang baru sebab dinilai menghambur-hamburkan anggaran.

"Kami, PSI menolak penghamburan uang yang tidak perlu. Bahwa PSI menyadari pin penting sebagai identitas jabatan anggota dewan," ujarnya Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

DPRD DKI menganggarkan Rp1,3 miliar untuk pengadaan pin emas bagi para anggotanya. Masing-masing anggota akan mendapat dua buah pin emas 22 karat seberat lima dan tujuh gram.


Baca juga artikel terkait PIN EMAS DPRD DKI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight