Tokopedia, OVO, dan Grab Kampanyekan "Patungan untuk Berbagi THR"

Oleh: Ahmad Efendi - 24 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kampanye "Patungan untuk Berbagi THR" dari Tokopedia, OVO, dan Grab.
tirto.id - Tiga ekosistem digital di Indonesia, Tokopedia, OVO, dan Grab, menghadirkan kembali kampanye “Patungan untuk Berbagi THR”, guna memperkuat program jaring pengaman sosial pemerintah Indonesia.

Seperti dilansir dari Grab, "Patungan untuk Berbagi THR" dilakukan dengan cara menggalang bantuan sembako bagi pekerja informal yang terdampak pandemi COVID-19.

Pengguna Tokopedia, OVO dan Grab dapat berdonasi secara digital dari gawai masing-masing, sehingga memungkinkan masyarakat untuk dapat berdonasi meski di rumah saja.

Donasi yang terkumpul, nantinya akan disalurkan dalam bentuk paket sembako oleh BenihBaik.com.

BenihBaik.com sendiri adalah sebuah platform yang didirikan oleh Andy F. Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum, dan Firdaus Juli.

Platform ini dibuat sebagai bentuk kepedulian terhadap beragam isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, dan kesejahteraan sosial lainnya, yang mengalami kesulitan dalam memperoleh dukungan pendanaan.

Dana yang dimaksud untuk memenuhi kebutuhan dasar, pengembangan diri, dan/atau potensi ekonomi atau operasional lainnya, yang mungkin belum terakomodir oleh pemerintah baik secara keseluruhan maupun sebagian kebutuhan tersebut dalam waktu yang singkat

Dalam kampanye ini, BenihBaik.com juga menggandeng sejumlah komunitas sosial rekanan seperti Jaringan Gusdurian dan PP Pemuda Muhammadiyah.

Kemudian, donasi yang terkumpul akan didistribusikan kepada puluhan ribu pekerja informal, seperti guru honorer, buruh angkut, supir angkot dan truk, serta ojek daring.

Kemudian juga untuk gerai makanan dan minuman, pedagang asongan, pedagang kaki lima, petugas kebersihan, tukang parkir, dan sebagainya yang berada di Jabodetabek.

Paket bantuan sendiri nantinya akan berupa beras, gula, minyak goreng dan biskuit senilai seratus ribu rupiah, dan akan didistribuskan dengan tetap mengedepankan prinsip phyisical distancing.

Adapun prinsip physical distancing yang diadopsi tersebut meliputi:

  1. Proses penggalangan dana oleh pengguna OVO, Grab dan Tokopedia, baik di laman masing-masing platform dan di laman BenihBaik.com
  2. Kemudian, proses pengadaan barang di laman Tokopedia
  3. Sampai dengan proses pengantaran barang oleh mitra Grab secara langsung, dari gudang Tokopedia ke alamat masing-masing penerima manfaat.
BenihBaik.com menjelaskan bahwa program ini merupakan kampanye sosial terbesar di Indonesia yang ditujukan khusus untuk membantu puluhan ribu pekerja informal harian yang ekonominya terdampak pandemi virus Corona (COVID-19).

Bagi Anda yang ingin berdonasi, caranya hanya perlu mengunjungi Patungan Untuk Berbagi di BenihBaik.com, dan kemudian klik “DONASI”.

Anda kemudian akan mengisi nominal donasi dan identitas diri. Namun, jika ingin disamarkan, Anda bisa memilih opsi identitas anonim. Serta, opsi donasi via OVO juga diberikan untuk mempermudah.

Hingga kini, pada Jumat (24/4/2020), donasi yang terkumpul telah mencapai Rp1.725.001.057 dari lima miliar rupiah yang ditargetkan.


Baca juga artikel terkait THR LEBARAN atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Bisnis)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight