Advertorial

Tokopedia Bagi-bagi Semangat Ramadan 4 Mei

Oleh: Advertorial - 3 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Bulan Ramadan adalah bulannya pelipatgandaan pahala dan ibadah berlimpah.
tirto.id - Ramadan adalah bulan yang teramat istimewa. Menurut Andre Moller dalam Ramadan di Jawa: Pandangan dari Luar, Ramadan adalah bulan jihad sekaligus kenikmatan, bulan perayaan ibadah sekaligus kegembiraan. Orang Jawa bisa beribadah sekaligus bergembira di saat bersamaan.

Berbagai perayaan tak cuma dilakukan saat Ramadan, tapi juga sebelum dan setelahnya: aneka kuliner penuhi jalanan; anak-anak berkeliling sambil berdendang jelang waktu sahur; gema takbir berkumandang di malam Idulfitri; dan hidangan serbasantan yang pantang dilewatkan usai bersalam-salaman.

Namun Ramadan sekaligus Lebaran tahun ini bakal berbeda dari tahun-tahun yang lalu. Muhammad Iqbal, sejarawan dan pengajar IAIN Palangka Raya, mengatakan tanpa silaturahmi, pesta lebaran adalah mustahil. Berbagai hadis pun menggarisbawahi pentingnya silaturahmi. Namun imbauan physical distancing dari pemerintah, juga larangan mudik demi memutus mata rantai penyebaran virus, tentu harus disikapi dengan bijak.

Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Dr. Drs. H. JURAIDI, M.A., menganjurkan ibadah Ramadan dilakukan bersama keluarga inti di rumah. "Supaya jangan tertular dan jangan menularkan. Itu pengamalan dari Al Quran surah Al Baqarah ayat 195, yang artinya Dan janganlah kamu membinasakan dirimu kepada kebinasaan, ya jadi tidak bertentangan,” ungkapnya, dilansir dari Antara, Rabu (22/4).

Kementerian Agama pun menerbitkan Surat Edaran terkait panduan ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi, yang salah satu poinnya berbunyi: “Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti, tidak perlu sahur on the road atau ifthar jama’i [buka puasa Bersama].”

Merayakan Kebahagiaan dan Kebaikan

Bulan Ramadan adalah bulannya pelipatgandaan pahala dan ibadah berlimpah. Walau kondisi sedang tak memungkinkan untuk berkumpul maupun beribadah bersama, bukan berarti kita berhenti melakukan kegiatan positif di bulan kesabaran, bulan sedekah, sekaligus bulan kedermawanan ini.

Kebaikan bisa terus dilakukan, tentunya sembari tetap memperhatikan kesehatan. Malah Hari Raya kali ini merupakan waktu yang tepat untuk berbagi, baik untuk diri sendiri, orang terdekat, maupun untuk mereka-mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Meminjam kata Prof. Quraish Shihab dari Kumpulan 101 Kultum Tentang Islam, “Kegiatan-kegiatan itu bagaikan menjadikan pintu-pintu surga terbuka lebar karena amal kebajikan apa pun, kendati sedikit, dapat mengantar ke surga.”

Momen berbagi juga jadi salah satu hal yang paling Pekik rindukan saat Ramadan. Belum pernah satu kali Ramadan pun ia jalani tanpa “ritual” berbagi makanan selama 7 tahun merantau di Yogyakarta. Di mana pun ia berada saat jam berbuka puasa, pasti ada makanan lebih yang ia siapkan untuk orang di dekatnya. Ia tak pilih-pilih.

“Kata ibuku, berbagi itu bagian dari silaturahmi. Ini sekaligus obat kangen kampung halaman, kangen ibu. Senang juga lihat hal kecil yang kita lakukan punya arti buat orang lain,” ujar Pekik.

Tahun ini juga menjadi tahun spesial untuk Pekik karena tradisi berbagi makanan tak bisa dilakukannya dari dekat. “Akhirnya aku coba cara lain, seperti belanja online lauk siap saji untuk dikirim ke kampung, juga pesan makanan untuk ojol. Alternatif lainnya masih dipikirin sih, intinya nggak ada alasan untuk nggak berbagi, apalagi di kondisi begini.”

Tokopedia Ramadhan
Tokopedia Bagi-bagi Semangat Ramadan

Menyambut bulan suci ini, Tokopedia pun mengajak masyarakat untuk menjalankan ibadah dengan tenang sembari Bagi-bagi Semangat Ramadan dalam wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar, salah satunya, dengan berbagi kebahagiaan dan kebaikan.

Dimulai dari Tokopedia, kita jadi lebih mudah menemukan kebutuhan mendasar di rumah, produk fesyen, hingga barang elektronik yang bisa dijadikan pemberian spesial bagi orang-orang tercinta maupun orang yang membutuhkan.

Marketplace ini menawarkan produk bervariasi dari beragam kategori, fasilitas bebas ongkos kirim sepuasnya, pilihan cara pembayaran yang mudah dan cepat, juga layanan mencakup seluruh Indonesia, untuk membantu siapa pun dalam merencanakan kebaikan.

Tak cuma penawaran beragam, Tokopedia juga memiliki promo terbaik, di antaranya, Gelar Diskon Hingga 99%, Kupon THR Cashback hingga 1 juta, Bebas Ongkir Sepuasnya ke Seluruh Indonesia (Minimum Transaksi Rp0), dan kegiatan donasi melalui Kotak Amal Tokopedia Salam yang tersedia sepanjang Ramadan. Informasi selengkapnya klik Tokopedia.

Tunggu apa lagi, yuk ikutan Bagi-bagi Semangat Ramadan dan menularkan kegembiraan kepada semua orang!
DarkLight