TMII Dipadati Pengunjung pada Hari Pertama Idulfitri 2019

Oleh: Yantina Debora - 5 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pengunjung memadati TMII pada hari pertama Lebaran 2019.
tirto.id - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dipadati pengunjung pada Rabu (5/6/2019) atau hari pertama Idul Fitri 1440H.

Hal itu disampaikan Manager Marketing dan Ketua Pekan Lebaran TMII, Dwi Atmodjo. Ia mengatakan kepadatan di hari pertama Lebaran 2109 didominasi pada waktu pagi menjelang siang.

"Untuk di hari pertama (Lebaran), masyarakat cenderung datang lebih siang, usai bersilaturahmi dengan keluarga," jelas Dwi di TMII Jakarta Timur, dikutip dari Antara.

Ia menambahkan bahwa usai kegiatan salat Ied berjamaah di salah satu komplek TMII yakni Plaza Tugu Api Pancasila pagi tadi, sebagian jamaah memilih untuk sarapan di sana, terlebih biaya masuknya saat itu digratiskan.

"Hari ini salat Ied di sini terdapat kurang lebih 14-15 ribu jamaah, dan sebagian dari mereka bahkan stay di TMII usai salat," kata Dwi.


Ratusan pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memilih untuk berpiknik di taman sekitar Tugu Api TMII bersama keluarga.

"Iya kita sekeluarga memilih ke sini (TMII) sehabis halal-bihalal sama keluarga besar, mumpung tidak terlalu jauh," kata Santi, salah satu pengunjung.

Santi beserta suami dan ketiga anaknya menikmati makan siang yang ia bawa dari rumah, dan duduk beralaskan tikar.

Alasan lain yang mendorong ia dan keluarganya berpiknik di Taman Mini adalah karena momen Idul Fitri merupakan waktu yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga kecilnya.

"Saya sama suami mau memanfaatkan libur cuti bersama, semata-mata untuk anak-anak. Soalnya kita berdua sama-sama kerja jadi ya pas liburnya bareng gini kan bisa puas," ujar Santi.

Sementara itu, TMII pada hari pertama lebaran tetap beroperasi seperti biasa dari pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Antrean masuk TMII baik kendaraan pribadi maupun umum padat namun lancar dan cenderung tidak memakan waktu untuk masuk.

Kepadatan pengunjung Taman Mini Indonesia Indah diprediksi akan terus bertambah hingga di hari akhir libur lebaran, yakni pada hari Minggu 9 Juni 2019.

Baca juga artikel terkait IDULFITRI 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Maya Saputri
DarkLight