TKN Sebut Jokowi-Ma'ruf Hadapi Debat Pilpres 2019 Tanpa Beban

Oleh: Felix Nathaniel - 17 Januari 2019
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin menghadapi Debat Perdana Capres Pilpres 2019 tanpa beban, menurut TKN.
tirto.id - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menyampaikan bahwa persiapan debat nanti malam sudah matang. Pasangan nomor urut 01 tersebut akan tampil percaya diri dan tanpa beban.

Ace menyatakan bahwa penampilan tersebut karena kiprah Jokowi selama kepemimpinan selama 4 tahun lamanya. Dalam diskusi masalah hukum, HAM, terorisme, dan korupsi, Ace merasa keduanya tidak pernah mempunyai masalah.

“Tidak dibebani kasus-kasus pelanggaran HAM berat, berintegritas tanpa terlibat kasus-kasus korupsi dan juga punya pengalaman dalam aspek-aspek teknis hukum dan pemerintahan,” tegas Ace melalui keterangan tertulis kepada Tirto, Kamis (17/1/2019).

Di bidang penegakan hukum dan hak asasi manusia (HAM), Ace menekankan bahwa Jokowi memperjuangkan HAM di bidang ekonomi dan sosial. Meski sebagian kritik aktivis tentang penegakan kejahatan HAM di masa lalu belum tuntas di era Jokowi, tetapi Ace menganggap Jokowi telah berhasil memenuhi HAM kaum marjinal.

“Selain melindungi hak-hak sipil dan politik, juga akses rakyat mendapat pelayanan kesehatan, pendidikan, dan juga lapangan pekerjaan. Perhatian yang besar diberikan pada perempuan, anak-anak, dan penyandang disabilitas,” katanya.

Sedangkan pada masalah korupsi, Ace menegaskan bahwa Jokowi selalu mendukung tindakan KPK dan mendukung giat saber pungli.

“Dengan bekal cukup banyak, capaian dalam 4 tahun terakhir, maka Pak Jokowi dan Pak Kyai Ma’ruf akan meneruskan pondasi itu untuk melangkah maju,” ucapnya lagi.

Debat Capres Pilpres 2019 akan dilaksanakan hari ini pada pukul 20.00 WIB. Sebelum debat perdana ini, Jokowi-Ma’ruf sudah sempat bertemu bersama di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (16/1/2019) malam bersama tim persiapan debat.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri