TKN Sebut CEO Bukalapak Penyebar Hoaks

Oleh: Felix Nathaniel - 15 Februari 2019
Bedasarkan hasil penelusuran dari tim riset Tirto, diketahui data dalam cuitan Zaky adalah 2013.
tirto.id -
CEO Bukalapak Achmad Zaky mendapat protes dari pengguna media sosial karena mencuitkan soal keinginan presiden baru. Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin kemudian menuding bahwa Zaky adalah pribadi menyedihkan penyebar hoaks.

Hal ini karena keluhan yang disampaikan Zaky ternyata memakai data di tahun 2013. Juru Bicara TKN Arya Sinulingga menegaskan bahwa data tersebut adalah pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di mana Jokowi belum menjadi presiden.

"Data yang dia sampaikan hoaks lagi itu. Jadi itu data tahun 2013, Jokowi belum jadi presiden. Sudah kacang lupa kulit, penyebar hoaks juga," tegas Arya kepada Tirto, Jumat (15/2/2019).

Zaky sebelumnya sempat nampak satu acara dengan Presiden Jokowi. Saat Jokowi membuat kopi dalam acara itu pun, Zaky nampak berada di dekat Jokowi. Tindakan Zaky kemudian membuat TKN geram.

Arya juga menyesalkan sikap Zaky, dan menganggap CEO Bukalapak itu seperti kacang lupa kulitnya.

"Ini kan orang-orang yang tidak sadar diri. Orang-orang yang sangat menyedihkan. Yang kita lihat Zaky nih seperti kacang lupa pada kulitnya juga," kata Arya.

Sementara bedasarkan hasil penelusuran dari tim riset Tirto, diketahui data dalam cuitan Zaky adalah 2013 dan bukan 2016 seperti yang ditulis Zaky.

Indonesia pada tahun 2018 berada di peringkat ke 28 dunia dengan anggaran riset dan pengembangan 10,4 miliar dolar AS.


Baca juga artikel terkait HOAX atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Nur Hidayah Perwitasari