TKN Nilai Relawan Perempuan Berperan Besar Galang Pemilih Jokowi

Oleh: Riyan Setiawan - 23 April 2019
Ida Fauziah mengklaim Jokowi-Ma'ruf unggul di segmen pemilih perempuan. Menurut dia, hal ini berkat upaya para relawan emak-emak pendukung paslon 01 tersebut.
tirto.id - Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ida Fauziah menilai para relawan emak-emak di kubunya lebih militan daripada pendukung Prabowo-Sandi.

"Untuk menunjukkan militasinya sebesar mana, maka lihatnya seberapa persen perempuan yang memberikan dukungan ke Pak Jokowi," kata Ida usai syukuran 'kemenangan' Jokowi-Ma'ruf bersama komunitas "Emak-emak Perempuan Keren" di Rumah Aspirasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2019).

Ida menjelaskan, berdasarkan survei LSI Denny JA saja, sekitar 60 persen perempuan mendukung Jokowi-Ma'ruf. Beberapa lembaga survei lainnya, kata Ida, juga memperkirakan Jokowi-Ma'ruf masih unggul di segmen pemilih perempuan.

"Pendukung perempuan Pak Jokowi lebih banyak. Ngukurnya seperti itu [Lewat lembaga survei]," ujar dia.


Ida menerangkan, untuk menggalang suara bagi Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, para relawan emak-emak di kubunya melakukan pemetaan pemilih perempuan di banyak daerah.

Dia mencontohkan organisasi relawan Perempuan Tangguh Pilih Jokowi-Amin (Pertiwi) lebih banyak bergerak di kelompok-kelompok urban perkotaan, khususnya Jabodetabek.

Selain itu, kata Ida, TKN juga membentuk simpul-simpul massa pendukung di sejumlah majelis taklim perempuan.

Dia menambahkan 1000 relawan perempuan juga bergerak di kelompok Bravo untuk menggalang pendukung yang ada di luar Jakarta.

"Jadi kami berbagi, karena kelompok masyarakat kan luas, semua harus kepegang. Alhamdulillah, kita berterimakasih atas jerih payah mereka [relawan perempuan]," ujar dia.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Addi M Idhom