Tips untuk Pasien COVID-19 Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Oleh: Ibnu Azis - 30 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Masyarakat yang terpapar COVID-19 dan punya rumah atau kamar sendiri maka isolasi mandiri dapat dilakukan di rumah atau kamar tersebut.
tirto.id - Masyarakat yang memiliki gejala ringan atau bahkan tanpa gejala (asimtomatik) setelah menerima hasil tes positif COVID-19 diminta untuk isolasi mandiri di rumah jika dimungkinkan guna mengurangi beban rumah sakit.

Hal itu diutarakan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin belum lama ini. Masyarakat yang terpapar COVID-19 dan punya rumah atau kamar sendiri maka isolasi mandiri dapat dilakukan di rumah atau kamar tersebut.

"Tolong bapak ibu, kalau misalnya bapak ibu tidak demam, dan tidak sesak nafas, itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri," kata Menkes pada 11 Januari 2021 seperti dikutip dari Antaranews.

Isolasi mandiri di rumah bagi masyarakat yang terpapar COVID-19 tapi tidak bergejala disarankan terkait ledakan kasus COVID-19 yang membuat kapasitas ruang ICU di rumah sakit terisi penuh. Data Satgas COVID-19 menunjukkan pasien yang masih membutuhkan perawatan berjumlah 174.083 kasus per 30 Januari 2021.

Menkes akan menghimbau seluruh gubernur kepala daerah agar membuat tempat-tempat isolasi seperti Wisma Atlet, Wisma Haji, asrama dan lain sebagainya untuk dialihfungsikan sebagai tempat isolasi mandiri. Hal ini untuk mengantisipasi bagi masyarakat yang tidak punya atau terlalu sesak rumahnya untuk isolasi mandiri.

Menkes pun mengaku akan membuat mekanismenya agar pasien isolasi mandiri tetap dimonitor oleh dokter-dokter baik melalui telepon langsung maupun telemedicine.

"Tapi itu untuk mengurangi beban ke rumah sakit, biarkan teman-teman kita saudara kita yang berat itu yang ditangani di sana," ujar Menkes.


Dikutip dari laman Satuan Tugas Penanganan COVID-19, berikut tips untuk pasien positif COVID-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan saat isolasi mandiri di rumah jika dimungkinkan:

1. Tinggal diam di rumah, jangan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

2. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lain.

3. Selalu jaga jarak lebih dari 1 meter.

4. Pakai masker termasuk yang merawat.

5. Ukur suhu tubuh tiap hari dan perhatikan perkembangan kondisi tubuh.

6. Hindari pemakaian bersama alat makan, mandi, dan linen/sprei.

7. Terapkan perilaku hidup sehat dengan konsumsi makanan gizi seimbang dan sering cuci tangan pakai sabun.

8. Berjemur setiap pagi di bawah sinar matahari langsung.

9. Bersihkan benda yang sering disentuh dengan cairan disinfektan.

10 Hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika kondisi memburuk.

Sementara itu, perkembangan harian penanganan COVID-19 per 30 Januari 2021 terus meningkatkan kesembuhan kumulatif. Pasien sembuh bertambah lagi sebanyak 10.242 orang. Penambahan hari ini meningkatkan jumlah kumulatif pasien sembuh COVID-19 menjadi 862.502 orang atau persentasenya sebesar 80,9 persen.

Untuk penambahan pasien terkonfirmasi positif harian yakni sebanyak 14.518 kasus. Jumlah kumulatifnya atau pasien terkonfirmasi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga saat ini mencapai 1.066.313 kasus.


Baca juga artikel terkait ISOLASI MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight