Tips Tetap Produktif Saat Pandemi Corona Menurut Satgas COVID-19

Oleh: Ibnu Azis - 2 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Agar tetap produktif dan aman di tengah pandemi, perlu diterapkan langkah pencegahan yang tepat dan efektif.
tirto.id - Pekerja kantoran atau mereka yang harus bekerja di luar rumah riskan terpapar COVID-19 saat beraktivitas.

Agar tetap produktif dan aman di tengah pandemi, perlu diterapkan langkah pencegahan yang tepat dan efektif.

Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 terus menyerukan kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan) guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Meski demikian ada beberapa hal yang mesti diperhatikan bagi mereka yang masih bekerja di luar rumah, baik itu lantaran tuntutan profesi maupun kebutuhan ekonomi keluarga.

Satgas Penanganan COVID-19 telah merilis panduan untuk tetap produktif, sehat, dan aman di tengah pandemi corona.

Panduan tersebut dibagi dalam empat bagian yaitu untuk perjalanan ke dan dari tempat kerja, di tempat kerja, di tempat kerja area publik, dan saat tiba di rumah.


Perjalanan ke dan dari tempat kerja

Sebelum berangkat kerja atau beraktivitas, pastikan dalam kondisi sehat. Jika ada keluhan batuk, pilek, dan deman, urungkan niatan itu dan tetap tinggal di rumah.

Saat beraktivitas upayakan mengenakan pakaian lengan panjang dan gunakan masker. Upayakan tidak menggunakan transportasi umum.

Kalau terpaksa menggunakan transportasi umum, tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas umum dan gunakan handsanitizer. Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua, gunakan helm sendiri.

Upayakan membayar secara non-tunai dan jika terpaksa memegang uang gunakan handsanitizer sesudahnya. Jangan menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, dan jika terpaksa gunakan tisu.

Di tempat kerja

Saat tiba di tempat kerja, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift. Di lift, tidak berkerumum dan menjaga jarak dengan posisi saling membelakangi.

Untuk sementara jangan menggunakan absensi fingerprint. Besihkan meja atau area kerja dengan desinfektan. Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas atau peralatan umum yang dipakai bersama.

Di kantor, tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal satu meter. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja. Biasakan tidak berjabat tangan.

Saat melakukan aktivitas apapun di kantor atau di luar ruangan, tetap gunakan masker. Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja.


Di tempat kerja area publik

Tak jauh berbeda dengan panduan sebelumnya tapi lebih ditekankan pada perketat penggunaan masker, selalu menjaga jarak aman, dan sesering mungkin mencuci tangan dengan air sabun dan air mengalir, atau handsanitizer 4 jam sekali.

Saat tiba di rumah

Ketika pulang dari tempat kerja atau tiba di rumah jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri. Segera mandi dan mengganti pakaian kerja sebelum berinteraksi dengan mereka.

Cuci pakaian dan masker (reusable) dengan deterjen. Untuk masker sekali pakai atau rusak, sobek dan basahi dengan desinfektan sebelum dibuang agar tidak mencemari petugas pengelola sampah.

Untuk barang-barang atau peralatan yang sering digunakan, misalnya, ponsel, kacamata, atau tas, jika dirasa perlu bersihkan dengan deinfektan. Pastikan untuk selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.

Pandemi memang mewajibkan siapa saja untuk waspada. Dengan protokol yang tepat dan efektif, mereka yang masih bekerja di luar rumah pun dapat tetap produktif bila disiplin menerapkan itu.


----------------------------

Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight