Tips Pilih Hp sebagai Kado Lebaran 2022 dan Idulfitri 1443 H

Penulis: Ibnu Azis - 22 Apr 2022 13:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum membeli hp sebagai kado Lebaran 2022 dan Idulfitri 1443 H, simak 5 tips berikut agar Anda dapat memilih hp yang tepat. Apa saja? Cek di sini.
tirto.id - Lebaran 2022 dan Idulfitri 1443 H akan datang dalam hitungan hari. Momen ini biasanya dimanfaatkan untuk memberikan kado kepada orang terdekat. Dan, salah satu kado itu adalah hp.

Di sisi lain, momen Lebaran dan Idulfitri biasanya dimanfaatkan pula oleh toko maupun ecommerce untuk memberikan diskon belanja. Sebelum belanja, konsumen perlu memahami fungsi dari hp itu sendiri.

Hal tersebut dilakukan agar konsumen tidak terjebak oleh penawaran diskon dan promo. Dikutip dari Cnet, berikut ini tips pilih hp untuk dijadikan kado kepada orang terdekat.

1. Cek hp yang sudah dia miliki

Sebelum membelikan hp untuk orang terdekat, perhatikan dengan teliti hp seperti apa yang biasanya dia gunakan sehari-hari. Pilih hp yang dapat dia gunakan dengan baik, belum tentu harus ponsel yang paling canggih.

Cek juga hp apa yang sudah dimiliki orang yang ingin diberi hadiah. Misalnya, memberi kado hp berupa iPhone 13 mungkin tidak tepat. Pasalnya, orang itu pengguna Android.

2. Cek perlu aksesori tambahan atau tidak

Jika perlu, tanyakan ke penjual, apakah hp kado yang dibeli sudah langsung dapat digunakan begitu dibuka atau memerlukan aksesori tambahan. Sehingga, situasi ini tak menyulitkan orang yang diberi hadiah.

Misalnya, apakah perlu membeli casing tambahan untuk melindungi ponsel. Jika hp yang dibeli tanpa jack audio, perlu dipertimbangkan untuk memberi dongle USB agar penerima kado tetap bisa memakai earphone. Kecuali dia lebih suka earphone nirkabel.

3. Cek bundling atau tidak

Cek apakah hp tersebut dijual satu paket dengan nomor dari operator tertentu untuk mendapat potongan harga atau paket bundling. Bila iya, apakah provider seluler tersebut memang yang biasa dipakai penerima kado dan atau penggunaannya sesuai dengan kebutuhannya.

4. Cek ulasan mereka yang sudah menggunakan

Baca ulasan atau tonton video review hp tersebut di YouTube. Luangkan waktu Anda untuk mencermati tentang hp yang ingin dijadikan kado. Misalnya, apakah baterainya awet, soal kameranya, performa, dan lain sebagainya.

5. Cek perangkat lunak

Terakhir, cek perangkat lunak ketika ingin membeli hp. Gali informasi apakah hp tersebut masih bisa mendapatkan pembaruan perangkat lunak agar tetap dapat digunakan dan keamanan terjamin.

Sementara itu, situs Thingamagift berbagi sejumlah kesalahan yang dilakukan orang-orang saat memberikan kado berupa hp, yakni sebagai berikut:

1. Mengaktifkan hp segera

Kecuali jika penerima kado datang ke toko bersama Anda untuk membeli hp, atau Anda berencana memberikan hp itu pada hari yang sama ke dia, jangan mengaktifkan hp tersebut saat itu juga setelah dibeli.

2. Beli hp salah sasaran

Salah sasaran ini bisa mencakup banyak hal. Misalnya, memberikan kado hp Android pada mereka yang sudah terbiasa menggunakan hp iPhone. Contoh lainnya, beli hp yang tidak sesuai dengan ukuran. Misalnya, layarnya terlalu besar.

Dan yang terakhir sekaligus paling penting, pastikan memberikan kado berupa hp adalah sebuah ide yang bagus. Mungkin, rencana ini justru langkah yang salah.

Hp sekarang canggih atau dikenal dengan smartphone. Apakah dia sudah terbiasa dengan smartphone, atau justru masih nyaman dengan ponsel fitur.

Bertanya ide tersebut langsung kepada penerima memang bisa merusak kejutan. Namun, hal ini bisa Anda pertimbangkan jika ingin semuanya berjalan lancar.


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight