Tips Percepat Pertumbuhan Rambut, Vitamin Hingga Suplemen Keratin

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 3 Maret 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tips mempercepat pertumbuhan rambut, mulai dari rutin menggunakan vitamin hingga produk mengandung keratin.
tirto.id - Anda baru saja keluar dari salon, memangkas sedikit rambut. Namun alih-alih merasa senang, Anda justru sedikit kecewa sebab potongan rambut karena terlalu pendek.

Mengembalikan rambut yang telah dipotong tentu mustahil untuk dilakukan, akan tetapi Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

American Academy of Dermatology menuliskan dalam laman resminya bahwa, rata-rata rambut tumbuh sekitar 0,5 inci per bulan.

Jika diakumulasikan, rambut kepala Anda akan mengalami pertumbuhan kurang lebih 6 inci dalam satu tahun. Namun, seberapa cepat rambut Anda tumbuh tergantung pada usia, tipe rambut, hingga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Rambut tumbuh secara perlahan keluar dari kulit kepala Anda. Dilansir dari Medical News Today, terdapat lebih dari 10.000 folikel di kulit kepala.

Setiap folikel tersebut mengandung akar rambut, yang terbuat dari sel protein. Saat darah beredar di seluruh tubuh, ia memberikan oksigen dan nutrisi ke sel-sel protein, yang mereka butuhkan untuk berkembang biak.

Sel-sel protein tersebut berlipat ganda, mereka membangun rambut yang mendorong ke atas melalui kulit.

Saat rambut tumbuh dari kulit, ia melewati kelenjar minyak. Minyak ini melumasi rambut dengan minyak yang dibutuhkannya agar tetap lembut dan berkilau.

Pada saat rambut cukup panjang untuk menembus kulit, ia sudah mati. Ketika rambut baru tumbuh di bawahnya, itu mendorong rambut mati keluar dari kulit. Pada akhirnya, rambut kemudian rontok.

Meski tidak ada metode yang dapat membuat rambut tumbuh secara langsung, berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga rambut Anda tetap sehat dan panjang, dilansir dari laman Healthline:

1. Gunakan vitamin untuk melengkapi nutrisi rambut

Meskipun banyak perusahaan produk perawatan rambut mempromosikan vitamin dan suplemen untuk pertumbuhan rambut, faktanya hal ini tidak berpengaruh kuat terhadap pertumbuhan rambut. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap mengenakannya untuk menjaga rambut tetap sehat dan panjang.

Beberapa di antaranya adalah dengan omega-3 atau omega-6 yang terbukti meningkatkan kepadatan dan kekuatan rambut. Selain itu, zinc juga berperan dalam mengatasi kerontokan rambut.

2. Tambahkan minyak esensial

Masukkan beberapa tetes ke dalam sampo dapat meningkatkan jumlah rambut untuk pria dengan kerontokan rambut hingga 40 persen. Namun, alangkah baiknya untuk menghindari mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit Anda.

Penggunaan minyak esensial dapat dilakukan dengan melarutkannya dengan minyak lain seperti rosemary atau peppermint.

Sementara uji coba telah dilakukan pada hewan, hasilnya menunjukkan bahwa minyak ini dapat membantu pertumbuhan rambut.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak esensial ini dengan minyak pembawa lain yang mencegah kerusakan rambut sumber terpercaya, seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, mineral, dan minyak castor.

3. Kenakan salep topikal

Pada umumnya, salep topikal dikenakan oleh orang yang mengalami kerontokan rambut guna membantu pertumbuhan rambut.

Studi menunjukkan bahwa produk ini efektif dalam mengobati alopecia, atau kerontokan rambut, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Beberapa obat topikal yang dapat dicoba adalah melatonin yang terbukti meningkatkan kepadatan rambut, minoxidil 5 persen yang berguna untuk mengurangi rambut rontok, hingga propecia dan sampo ketonazole.

4. Minum suplemen keratin

Tidak banyak penelitian tentang efek protein, keratin, dan vitamin pada kesehatan rambut. Satu studi melihat produk yang mengandung 500 miligram keratin dan vitamin dan mineral lainnya dan menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi suplemen mengalami penurunan rambut rontok sebesar 12,5 persen.

Selain itu, sebesar 5,9 persen mengalami peningkatan kekuatan rambut serta meningkatkan kecerahan dan kilau rambut.

5. Gunakan protein

Protein membantu rambut Anda tumbuh dan melindunginya dari kerusakan kimia dan lingkungan. Jika Anda sering menata rambut menggunakan pengering rambut atau catokan rambut, perawatan menggunakan protein akan membantu dalam melindungi rambut Anda.

Anda dapat membeli produk protein rambut atau secara tradisional menggunakan minyak kelapa di rumah.

Minyak kelapa membantu mengurangi protein yang hilang sebelum dan sesudah mencuci rambut.

6. Pakai produk dengan kandungan kafein

Sebuah studi menemukan bahwa kafein mungkin memiliki efek mempromosikan pertumbuhan pada rambut.

Menggunakan produk rambut dengan kafein, seperti sampo dengan kandungan kafein sebagai bahan mungkin membantu.


Baca juga artikel terkait TIPS MEMPERPANJANG RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight