Lebaran 2022

Tips Mudik Lebaran Nyaman dan Aman Bagi Ibu Menyusui

Kontributor: Nurul Azizah - 1 Mei 2022 23:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini beberapa tips melakukan mudik yang aman dan nyaman bagi ibu menyusui.
tirto.id - Perjalanan mudik terutama bagi ibu menyusui haruslah dipersiapkan dengan baik. Mulai dari peralatan, barang bawaan hingga tips harus diperhatikan agar tidak kerepotan selama perjalanan.

Keperluan ibu menyusui tentunya berbeda karena selama mudik ibu tetap harus menyusui si anak. Perjalanan jauh akan membuat ibu dan anak yang masih bayi kelelahan.

Apalagi jika mudik dengan moda transportasi umum yang akan membuat anak bertemu dengan berbagai macam orang sehingga rentan terpapar risiko penyakit.

Tips Mudik Lebaran bagi Ibu Menyusui


1. Menyiapkan Apron Menyusui

Melansir Antara, ibu menyusui harus menyiapkan baju menyusui atau apron celemek khusus menyusui. Penggunaan baju tersebut akan membuat ibu tidak risik jika terpaksa harus menyusui di tempat umum.

Kendati demikian, ibu menyusui bisa memanfaatkan fasilitas ruang laktasi. Namun, tidak semua tempat moda transportasi menyediakan ruang laktasi sehingga akan lebih baik jika ibu membawa apron menyusui.

2. Tetap Terhidrasi

Menurut laman Cafemom, ibu menyusui harus tetap mendapat asupan minum yang cukup agar selalu terhidarasi dengan baik. Sebagai langkah untuk tetap terhidrasi, ibu menyusui dapat membawa botol minum agar selama perjalanan tidak perlu berhenti untuk mencari minum.

3. Bawa Pumping ASI

Membawa pumping ASI selama perjalanan mudik sangat diperlukan untuk berjaga-jaga jika nanti Anda tidak dapat menyusui bayi secara langsung dengan optimal. Mengutip dari laman Cafemom, jika Anda memiliki pump AS, bawalah pump tersebut lengkap dengan alat-alatnya sebagai upaya untuk jaga-jaga.

4. Hentikan Kendaraan

Apabila mudik Anda mengendarai kendaraan pribadi, maka opsi untuk berhenti sangatlah tepat dilakukan. Mengutip dari laman Cafemom, jika Anda sedang berada di bawah kendali setir, maka berhentilah agar Anda dapat fokus menyusui bayi. Jangan pernah menyusui bayi dalam mobil yang sedang melaju.

5. Cek Kesehatan Anak

Pastikan untuk memeriksa kesehatan anak sebelum berangkat mudik. Ada baiknya Anda menanyakan pendapat dari dokter kepercayaan Anda. Jika terindikasi bahwa kesehatan anak kurang baik, pertimbangkan kembali jadwal keberangkatan.

6. Siapkan Pakaian Nyaman

Saat menyusui, pastikan pakaian Anda adalah pakaian yang nyaman dan mudah untuk menyusui. Tentunya selama perjalanan Anda tidak ingin direpotkan dengan proses menyusui.

Pilih model model pakaian seperti kemeja atau hem yang memiliki kancing di bagian depan. Selain itu, pilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat, bertekstur halus dan tidak banyak ornamen.


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight