Tips Merawat Rambut Smoothing

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 29 Jun 2020 13:54 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut cara merawat rambut setelah smoothing, ini langkah-langkahnya.
tirto.id - Ada beberapa orang yang mendambakan rambut lurus, halus dan lembut. Untuk mewujudkan gaya rambut tersebut, tak jarang mereka melakukan pelurusan rambut di salon. Salah satu teknik pelurusan rambut yang banyak dipilih adalah smoothing.

Namun demikian, pelurusan rambut dengan menggunakan teknik yang tidak alami akan merusak struktur rambut.

"Bahan kimia kuat yang digunakan dalam perawatan ini menembus rambut Anda dan memutus ikatan, yang mengubah bentuk dan tekstur rambut Anda," kata Dr Harshna Bijlani pada Vouge.


Untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh smoothing, perawatan rambut setelah smoothing menjadi hal yang penting. Berikut tips perawatan rambut menurut Matrix Indonesia.

  • Jangan langsung keramas

Perawatan rambut setelah smoothing atau sculpting yang pertama adalah jangan langsung keramas. Kamu perlu waktu sekitar 3 hari agar obat smoothing dapat meresap sempurna dan bekerja pada rambut. Sebisa mungkin, hindari air membasahi kepala karena obat smoothing yang belum meresap sepenuhnya, akan ikut terbuang bersama air. Setelah 3 hari, barulah keramas dengan air dingin.

“Anda juga bisa mencoba keramas lebih jarang, mungkin sekali dalam dua-tiga hari. Anda dapat mengkondisikan lebih sering jika perlu. Pilih spa rambut setiap dua minggu sekali untuk menyelamatkan rambut Anda dari sinar matahari dan kerusakan akibat polusi,” tambah Dr Bijlani pada Vouge.

  • Jangan pakai catokan dan hair dryer

Perawatan rambut setelah smoothing juga perlu menghindari catokan dan penggunaan hair dryer. Jadi, kamu perlu membiarkan rambut kamu kering dengan alami. Kamu tidak perlu khawatir, rambut kamu tidak akan kembali bergelombang, karena perawatan dan smoothing yang baik mampu menahan rambut ke bentuk yang diinginkan dalam jangka waktu lama.

  • Gunakan masker rambut

Bila sudah melewati masa 3 hari setelah smoothing, perawatan selanjutnya adalah mencuci rambut dan setelahnya jangan lupa menggunakan masker rambut guna menutrisi rambut agar tetap halus dan lembut, sehingga mempermudah kamu dalam merawat rambut smoothing.

  • Jangan menggunakan sisir plastik

Sebisa mungkin dalam keseharian, gunakanlah sisir bergerigi dari bahan kayu dan tidak terlalu rapat. Karena bila menggunakan sisir plastik dengan gerigi yang rapat, bisa berpengaruh pada efek gelombang rambut. Sisir dengan bahan plastik yang memiliki aliran arus listrik statis bisa membuat rambut kembali seperti semula dan menjadi bergelombang.

  • Jangan mengikat rambut dengan kencang

Terlalu kencang mengikat rambut juga bisa membuat rambut yang telah di-smoothing menjadi bergelombang. Dalam menggunakan aksesoris rambut, sebaiknya jangan sembarangan. Gunakanlah aksesoris yang tidak menekan rambut terlalu keras. Jangan menggulung rambut, karena gulungan rambut bisa memicu rambut menjadi bergelombang kembali.

  • Lakukan pemotongan rambut

Setidaknya satu bulan sekali potonglah rambutmu untuk menghilangkan rambut yang rusak, seperti kering, bercabang, maupun patah. Hal ini perlu kamu lakukan agar kerusakannya tidak semakin parah dan mempertahankan keindahan rambut naturalmu.

  • Gunakan sarung bantal berbahan sutra atau satin

Ternyata, sarung bantal juga perlu diperhatikan agar hasil smoothing atau sculpting lebih maksimal. Kedua bahan di atas bisa dipilih untuk menghindari rambut megar dan kembali ikal dengan cepat. Bukan hanya untuk rambut, sarung bantal yang berasal dari bahan satin atau sutra bisa juga mencegah keriput pada wajah.


Baca juga artikel terkait SMOOTHING atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight