Tips Mengobati Jerawat dengan Madu dan Kayu Manis

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 18 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara mengobati jerawat dengan menggunakan madu dan kayu manis.
tirto.id - Tidak hanya remaja, para dewasa pun kerap memiliki jerawat pada kulit mereka. Jerawat dapat tumbuh apabila folikel rambut pada lapisan kulit Anda tertutup minyak dan kulit mati.

Terkadang, jerawat-jerawat tersebut tidak hanya muncul di kulit wajah melainkan juga lazim di area dagu, punggung, atau di bagian tubuh lainnya.

Sebelum mendatangi klinik kecantikan atau dokter kulit pilihan Anda, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mengobati jerawat menggunakan bahan-bahan rumahan?

Healthline menuliskan bahwa perpaduan madu dan kayu manis dapat digunakan sebagai obat untuk membantu peradangan akibat jerawat.

Madu telah menarik perhatian para praktisi kecantikan kulit karena keampuhannya dalam mengatasi berbagai masalah kulit termasuk bisul, bekas luka, atau kulit terbakar.

Madu membantu memulihkan luka dan mematikan bakteri. Sementara itu, ia juga dapat mengurangi inflamasi dan menyediakan berbagai nutrisi untuk mempercepat penyembuhan.

Di sisi lain, kayu manis telah digunakan untuk mengatasi permasalahan pernapasan, pencernaan, dan bahkan masalah reproduksi wanita.

Laman BMC Complementary Medicine and Therapies menyatakan, kayu manis memiliki potensi anti-mikroba, anti-parasit, antioksidan, dan anti-peradagangan pada hewan.

Tidak hanya itu, sama seperti madu, kayu manis juga cenderung memiliki kandungan nutrisi yang membantu proses penyembuhan.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, madu sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka. Namun, efeknya pada jerawat belum diketahui secara pasti.

Sekelompok orang berisi 136 partisipan turut membuktikan apakah madu dapat digunakan sebagai obat topikal penyembuhan jerawat.

Mereka menggunakan madu kanuka sebagai sabun antibakteri dua kali sehari untuk mengatasi jerawat.

Hasilnya, hanya empat dari 53 orang yang memiliki perubahan baik dan signifikan pada kondisi jerawat mereka.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan keefektifan madu untuk menyembuhkan jerawat. Begitu pula berlaku untuk kayu manis.

Cara Gunakan Madu dan Kayu Manis untuk Obat Jerawat

Namun, apabila Anda masih penasaran pada efek madu dan kayu manis pada wajah Anda untuk pengobatan jerawat, Anda dapat membuat masker atau obat totol.

Untuk membuat masker tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut sebagaimana dilansir dari laman Medical News Today:

- Masukkan 2 sendok makan madu, campurkan dengan 1 sendok teh kayu manis hingga seperti pasta.

- Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, oleskan terlebih dahulu masker wajah tersebut pada tangan Anda untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

- Jika aman, Anda dapat mengaplikasikannya pada wajah dengan menggunakan jari tangan yang bersih pada bagian-bagian tertentu atau seluruh wajah.

- Tunggu 30 menit atau semalaman, lalu bersihkan dengan air hangat. Namun, orang yang memiliki tipe kulit kering sebaiknya tidak mengenakan air hangat.

Gejala Alergi

Gejala alergi dapat berbeda-beda setiap orang, namun umumnya sama. Jika Anda memiliki alegi terhadap madu atau kayu manis, sebaiknya jangan mempraktikkan perawatan ini di rumah. Beberapa reaksi alergi yang dapat terjadi adalah:

- Kesulitan bernapas atau menelan

- Peradangan

- Gatal

- Sesak napas

- Bengkak pada kulit


Baca juga artikel terkait CARA OBATI JERAWAT DENGAN KAYU MANIS atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight