Tips Mengendarai Skuter Listrik dengan Aman

Oleh: Adrian Samudro - 18 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Para pengguna skuter listrik sebaiknya memakai kendaraannya dengan cara yang aman, baik untuk dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya.
tirto.id - Skuter listrik sempat menjadi tren beberapa bulan belakangan ini. Walaupun sebenarnya bukan hal yang terbilang baru, tetapi banyak orang yang rela antre demi bisa menjajal alat tersebut.

Sayangnya, kehadiran tren skuter listrik justru disalahartikan oleh sejumlah orang. Hal ini lantaran skuter listrik lebih sering dipakai untuk bermain, terlebih di tempat yang tidak seharusnya.

Padahal, kalau dilihat dari tujuan pengadaannya, skuter listrik yang dihadirkan oleh penyedia jasa transportasi online diperuntukkan sebagai kendaraan untuk menunjang mobilitas seseorang dalam melakukan aktivitas.

Penggunaannya juga tidak bisa sembarangan agar tidak berakibat fatal dan menimbulkan kerugian bagi si pengendara maupun orang lain. Misalnya, mengganggu kenyamanan orang lain di jalan, merusak fasilitas atau bahkan bikin celaka diri sendiri.

Namun, jika menjadi milik pribadi, penggunaan skuter listrik kemungkinan hanya di sekitar rumah atau lingkungan yang aman dan tidak terlalu ramai.

Akan tetapi, pemilik skuter listrik juga harus tetap memahami tata cara yang baik dan aman dalam penggunaan kendaraan jenis ini. Berikut tips mengendarai skuter listrik dengan aman.

1. Perhatikan Keselamatan Diri

Dikutip dari Wahana Honda, keselamatan saat berkendara, termasuk dengan skuter listrik, adalah suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, apalagi jika berada di jalan raya.

Pertama, pengguna skuter listrik tentunya harus memiliki perlengkapan standar keselamatan dan keamanan, misalnya helm dan body protector yang berguna untuk melindungi diri dari benturan.

Kemudian, saat berkendara dengan skuter listrik juga disarankan untuk selalu waspada dengan keadaan di sekitar. Gunakan lajur kiri atau jalur lambat ketika berada di jalan raya.

Perhatikan pula akses khusus skuter listrik jika ingin berkendara di trotoar. Hal ini lantaran trotoar seringkali ramai digunakan pejalan kaki. Sebisa mungkin hindari akses yang bisa mengganggu kenyamanan orang lain.

2. Patuhi Peraturan Penggunaan Skuter Listrik

Skuter listrik umumnya memiliki space atau ruang kaki cukup luas. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh para pengguna skuter listrik untuk berboncengan saat berkendara di jalanan.

Namun, hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena bisa membahayakan kedua pengendara. Jadi, sebisa mungkin gunakan skuter listrik hanya untuk satu orang.

Selain itu, hindari menaruh atau menggantungkan barang-barang di setang skuter listrik. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu keseimbangan Anda saat mengendarai skuter listrik yang dapat mencelakai diri sendiri.

Hindari pula penggunaan skuter listrik ketika Anda merasa kurang sehat, sedang dalam keadaan mabuk atau ketika tengah dipengaruhi efek obat seperti mengantuk, demikian ditulis CNET.


Baca juga artikel terkait SKUTER LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Addi M Idhom
DarkLight