Tips Mengatasi Mata Lelah Usai Bekerja di Depan Layar Laptop, Hp

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 4 Okt 2022 10:31 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Gejala paling umum dari ketegangan mata di antaranya mata lelah dan tegang, lalu bagaimana cara mengatasi ketegangan mata atau mata lelah?
tirto.id - Bekerja terlalu lama menggunakan laptop dan komputer atau terlalu lama bermain handphone sering kali membuat mata terasa lelah.

Selain itu, terlalu lama bekerja dengan menggunakan laptop dan komputer maupun bermain handphone ternyata bisa berdampak serius pada kesehatan mata, seperti menyebabkan mata kering, kemerahan, mata lelah hingga ketegangan pada mata.

Sementara itu, dilansir dari laman Medical News Today, berikut ini adalah beberapa gejala paling umum dari ketegangan mata karena terlalu lama bekerja atau melihat layar laptop, komputer maupun handphone,

1. Mata lelah dan tegang

2. Ketidaknyamanan mata

3. Mata kering, iritasi, atau terasa terbakar

4. Penglihatan kabur saat melihat layar atau melihat ke kejauhan

5. Kesulitan memfokuskan kembali mata

6. Kepekaan terhadap cahaya terang

7. Sakit kepala

8. Sakit leher dan bahu

Cara mengatasi kelelahan mata karena terlalu lama bekerja menggunakan laptop



Guna mengatasi kelelahan dan ketegangan mata akibat terlalu lama bekerja menggunakan laptop maupun bermain handphone, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti dilansir dari laman Mayo Clinic,

1. Sering berkedip untuk menyegarkan mata.

Banyak orang berkedip lebih sedikit dari biasanya saat bekerja di depan komputer, hal ini tentu saja dapat menyebabkan mata kering.

Berkedip menghasilkan air mata yang melembabkan dan menyegarkan mata Anda. Cobalah biasakan untuk lebih sering berkedip saat melihat monitor.

2. Istirahat mata.

Sepanjang hari, istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan dari monitor Anda. Cobalah aturan 20-20-20 yang artinya setiap 20 menit menatap layar, lihat sesuatu sejauh 20 kaki setidaknya selama 20 detik.

3. Periksa pencahayaan dan kurangi silau.

Pencahayaan yang terang dan terlalu banyak silau dapat membuat mata Anda tegang dan sulit melihat objek di monitor Anda. Masalah terburuk umumnya dari sumber di atas atau di belakang Anda, termasuk lampu neon dan sinar matahari. Pertimbangkan untuk mematikan beberapa atau semua lampu di atas kepala.

Jika Anda membutuhkan cahaya untuk menulis atau membaca, gunakan lampu meja yang dapat disesuaikan. Tutup tirai atau tirai, dan hindari menempatkan monitor Anda langsung di depan jendela atau dinding putih. Tempatkan penutup anti-silau di atas layar.

4. Sesuaikan monitor Anda.

Posisikan monitor Anda tepat di depan Anda kira-kira sejauh satu lengan sehingga bagian atas layar berada pada atau tepat di bawah ketinggian mata. Ini juga membantu untuk memiliki kursi yang dapat Anda sesuaikan.

5. Gunakan dudukan untuk dokumen.

Jika Anda perlu merujuk ke materi cetak saat Anda bekerja di komputer, letakkan di tempat dokumen. Beberapa dudukan dirancang untuk ditempatkan di antara keyboard dan monitor lalu lainnya ditempatkan di samping. Temukan satu yang cocok untuk Anda.

Tujuannya adalah untuk mengurangi seberapa banyak mata Anda perlu menyesuaikan diri dan seberapa sering Anda memutar leher dan kepala.

6. Sesuaikan pengaturan layar Anda.

Perbesar jenis atau ukuran tulisan agar lebih mudah dibaca. Selain itu, sesuaikan kontras dan kecerahan ke tingkat yang nyaman bagi Anda.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight