Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Tipe Kepribadian

Oleh: Ita Kunnisa Aniyavi - 1 November 2020
Dibaca Normal 3 menit
Memahami tipe kepribadian bisa menjadi salah satu referensi untuk memilih bidang pekerjaan yang akan ditekuni.
tirto.id - Banyak perusahaan yang membuka rekrutmen calon karyawan selama ini kerap memasukkan tes kepribadian dalam rangkaian proses seleksi. Tes tersebut dilaksanakan agar perusahaan, atau tim seleksi yang dibentuk, bisa menilai kecocokan calon karyawan dengan posisi yang akan ditempati.

Bagi mereka yang ingin bekerja sendiri, atau berwirausaha, juga bisa memanfaatkan tes ini untuk mencari gambaran jenis pekerjaan yang cocok untuk ditekuni. Tentu, tes kepribadian tidak dapat menjadi penentu segalanya. Namun, setidaknya ia bisa menjadi salah satu referensi.

Di sisi lain, tidak banyak orang memahami dengan betul tipe kepribadian mereka. Selain itu, tipe kepribadian seseorang juga dapat berubah, sesuai situasi dan kondisi yang dialaminya. Jika kalian ingin mengetahui contoh tes untuk mendeteksi tipe kepribadian, bisa mengeceknya di link ini.

Ada banyak jenis tes kepribadian. Salah satunya adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang kerap digunakan karena dinilai relatif akurat dalam menggolongkan tipe kepribadian manusia.

Dalam tes MBTI, terdapat 4 elemen yang digunakan menjadi faktor pembeda satu tipe kepribadian dengan yang lainnya. Empat elemen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Introvert vs Extrovert (I vs E)
  • Sensing vs Intuition (S vs N)
  • Thinking vs Feeling (T vs. F)
  • Judging vs Perceiving (J vs P).

Huruf dalam tanda kurung di atas merupakan simbol dari setiap elemen. Khusus elemen Intuition, tidak disimbolkan dengan huruf awal kata tersebut. Sebab, simbol I sudah digunakan untuk simbol dari elemen Introvert.

Dirangkum dari laman Glassdoor dan CNBC, berikut jenis-jenis tipe kepribadian berdasarkan pada kombinasi 4 elemen di atas, dan jenis pekerjaan yang kemungkinan cocok untuk dijalani.

ESFJ

Tipe kepribadian ini tergolong orang yang praktis dan berkomitmen. Mereka juga peka terhadap kebutuhan orang-orang di sekitarnya. Tipe ini mungkin akan kesulitan dalam menjaga kedamaian, tetapi mampu bekerja dalam sistem terjadwal dan rutin.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian ESFJ adalah: Pembukuan; Pemasok Mode; Manajer Kantor.

ESTJ

Tipe kepribadian ESTJ berpotensi menjadi pemimpin yang baik dan mampu menangani persoalan yang rumit. Pemilik tipe kepribadian ini juga mampu menerapkan rencana dengan baik, dan bisa membuat kemajuan secara pesat dalam situasi dan kondisi yang berbeda sekalipun.

Pemilik tipe kepribadian ini cocok dengan pekerjaan: Manajer Pengembangan Bisnis; Finance Officer; Sales Representative.

ESFP

Tipe kepribadian ini lebih cocok bekerja dalam tim. Mereka dapat menyumbangkan energi positif dan kebahagiaannya kepada anggota tim. Hal ini akan berguna saat masa-masa jenuh dan ketika ada kebutuhan untuk mencairkan suasana.

Pemilik tipe kepribadian ESFP dinilai cocok dengan pekerjaan: Event Planner; Host; Tour Guide.

ENFP

Tipe kepribadian ini juga cocok bekerja dalam tim. Dengan menggabungkan ciri-ciri ESFP ditambah ketelitian, pemilik tipe kepribadian ini bisa menjadi orang yang inovatif dan menginspirasi. Orang dengan tipe kepribadian ini dinilai cocok dengan pekerjaan: Koreografer; Konselor; Terapis; Sales Representative.

ESTP

Pemilik tipe kepribadian ini biasanya memiliki jiwa kewirausahaan yang besar. Mereka akan berani mengambil risiko untuk menuai hasil yang diinginkan. Orang-orang tipe ESTP dinilai cocok dengan pekerjaan sebagai: Aktor; Pengusaha/pemasaran; Makelar Saham.

ENTP

Sebagaimana ESTP, pemilik tipe kepribadian ENTP dinilai cocok berwirausaha. Namun, mereka bisa lebih dominan dalam intuisi, seperti melihat peluang usaha. Orang-orang tipe ENTP cocok bekerja sebagai: Pelatih/Konsultan Bisnis; Sutradara; Analis Sistem.

ENFJ

Orang tipe ini dapat digambarkan sebagai pemimpin yang karismatik. Mereka memiliki intuisi yang kuat dan bisa memahami bagaimana perasaan orang-orang di sekitarnya. Orang-orang dengan tipe ENFJ dinilai cocok untuk bekerja sebagai: Editor; Mediator; Motivator.

ENTJ

Tipe kepribadian ini dikenal sebagai orang yang serba cepat. Karisma mereka dapat mendorong orang lain untuk mendukungnya. Namun orang-orang dari tipe ENTJ suka bersikap keras ketika mereka mengarahkan orang untuk menuju kesuksesan.

Mereka yang memiliki tipe kepribadian ini dinilai cocok menjalani pekerjaan: Administrator Bisnis; Hakim; PR Specialist.

ISTJ

Tipe kepribadian ini adalah orang yang memiliki pemikiran logis dan pandai mengatur segalanya. Mereka menghargai ketertiban dan loyalitas. Namun, mereka kerap kesulitan menghadapai hal-hal terkait fleksibilitas (yang berubah secara tiba-tiba atau tak terduga). Orang-orang dari tipe ISTJ, dinilai cocok dengan pekerjaan: Pengacara; Proof-reader; Software Developer.

ISFP

Pemilik tipe kepribadian ini mungkin akan lebih suka bekerja sendiri. Namun mereka pun tergolong orang yang ramah. Mereka bisa menyimpan pendapat untuk diri sendiri sebagai cara menghindari terjadinya konfrontasi dan konflik dengan orang lain.

Orang-orang dari kelompok ISFP, dinilai akan cocok dengan pekerjaan sebagai: Arkeolog; Social Media Manager; Optician; Apoteker.

ISTP

Tipe kepribadian ini termasuk pribadi yang pendiam dan waspada di tempat kerja. Mungkin orang dengan tipe kepribadian ini akan jarang berbicara, tapi dengan wawasan yang mereka miliki akan berguna dalam memecahkan permasalahan yang dianggap sulit oleh orang lain.

Orang-orang dengan tipe kepribadian ISTP, dinilai cocok dengan pekerjaan: Pilot; Bankir; Manajer Investasi; Konsultan Manajemen.

INFP

Tipe kepribadian ini memiliki kemampuan berpikir secara abstrak, sehingga bisa menemukan pola yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Pertanyaan yang mereka ajukan sering membantu kemajuan dalam sebuah pekerjaan.

Orang-orang dari kalangan tipe INFP dinilai cocok dengan pekerjaan: Manajer Penggalangan Dana; Jurnalis; Praktisi Keperawatan.

INTP

Pemilik tipe kepribadian ini juga memiliki pemikiran yang cenderung abstrak, suka mendalami teori dan mengotak-atik logika. Oleh karena itu, mereka bisa memecahkan masalah secara cerdas dan kreatif. Orang-orang dari tipe INTP dinilai cocok menjalani pekerjaan: Analis Komputer; akademisi; Sales Engineer.

INTJ

Pemilik tipe kepribadian ini dapat membuat keputusan secara logis berdasarkan pengetahuannya. Mereka mungkin memiliki kepercayaan diri yang besar, tapi hanya saat berada di lingkup kelompok kecil. Orang-orang dengan tipe INTJ dinilai cocok bekerja sebagai: Pakar Strategi Bisnis; Manajer Editor; Ahli Statistik.

ISFJ

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini cenderung bekerja secara metodis, sehingga tetap fokus sampai tugas selesai. Kalangan dengan tipe ISFJ dinilai cocok menjadi: Akuntan; Manajer; Analis Riset.

INFJ

Pemilik tipe INFJ adalah orang dengan kepribadian paling langka. Mereka akan lebih suka interaksi satu lawan satu. Mereka juga baik, perhatian, dan kreatif. Pikiran mereka seringkali lebih kompleks dibandingkan dengan orang lain. Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ dinilai cocok dengan pekerjaan: Designer; Ahli Gizi; Psikolog; Penulis.

Dengan mengetahui tipe kepribadian, seseorang bisa mencoba untuk memahami diri sendiri dan orang di sekitarnya. Memiliki kepribadian seperti INFJ, misalnya, mungkin sedikit kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain, tapi tetap bisa menemukan jalan terbaik untuk terus berkarya.

Namun, yang perlu dicatat, MBTI test hanya indikator gambaran diri seseorang dan peran yang bisa membuatnya berpotensi lebih sukses. Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa orang dengan tipe kepribadian tertentu bisa sukses menekuni bidang yang berbeda dari rekomendasi di atas.

Baca juga artikel terkait PSIKOLOGI atau tulisan menarik lainnya Ita Kunnisa Aniyavi
(tirto.id - )

Kontributor: Ita Kunnisa Aniyavi
Penulis: Ita Kunnisa Aniyavi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight