Tips Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Keluarga

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 7 Feb 2020 12:25 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Tips memilih hotel saat liburan bersama keluarga: mulai dari memilih lokasi strategis hingga menyesuaikan dana yang ada.
tirto.id - Liburan biasanya menjadi hal yang ditunggu oleh semua orang, apalagi jika liburan bisa dilakukan bersama keluarga tercinta.

Namun, liburan bersama keluarga tentu tidak hanya memikirkan tentang tujuan wisatanya, tetapi juga harus memikirkan kenyamanan anggota keluarga, khususnya bagi yang berlibur membawa anak, perlu persiapan yang lebih dibanding bepergian sendiri atau bersama pasangan.

Banyak hal yang akan dijadikan pertimbangan, mulai dari transportasi, cuaca, makanan hingga tempat tinggal di sana, semua harus ramah anak.

Memilih tempat tinggal menjadi aspek penting yang menjadi pertimbangan karena tempat tinggal akan menjadi pusat mobilitas semua kegiatan liburan.

Ada beberapa tips memilih hotel atau tempat tinggal yang akan digunakan selama berlibur bersama keluarga. Berikut beberapa tips memilih hotel saat liburan bersama keluarga seperti dilansir dari Traveloka:

1. Pilih lokasi strategis

Menentukan lokasi hotel adalah salah satu kriteria yang cukup penting. Pertimbangkan lokasi hotel dekat dengan tujuan-tujuan wisata yang akan dikunjungi atau setidaknya berada di tengah dari semua lokasi wisata.

Hal tersebut harus dilakukan agar tidak terjebak macet dan membuat anak kelelahan di jalan. Lokasi hotel yang dekat juga akan memudahkan apabila ada keperluan atau kebutuhan penting yang tertinggal di hotel.

2. Hindari hotel bisnis

Hotel bisnis merupakan jenis hotel yang biasanya digunakan oleh karyawan untuk menginap pada saat melakukan kunjungan dinas. Jenis hotel seperti ini biasanya memiliki ukuran kamar yang tidak terlalu luas.

Selain itu, fasilitasnya juga terbatas (tidak ada area bermain anak dan kolam renang) sehingga anak mudah bosan saat staycation.

3. Cek fasilitas ramah anak

Pastikan hotel yang Anda pilih memiliki fasilitas yang menyenangkan untuk anak. Beberapa fasilitas ramah anak yang bisa dipertimbangkan ketika memilih hotel untuk anak di antaranya:

  • Area Bermain Anak
Area bermain anak menjadi fasilitas utama yang harus didapatkan bagi yang berlibur bersama anak. Adanya fasilitas ini akan membantu mencari hiburan yang mudah bagi anak tanpa harus membeli mainan untuknya.

  • Layanan Baby Sitter
Kadang kala, orang tua yang berlibur jarang membawa baby sitter. Tetapi, tak jarang membuat kerepotan mengurus anak pada saat berlibur.

Ada beberapa hotel yang mungkin menyediakan layanan semacam ini untuk membantu menjaga anak dalam kondisi tak terduga, maka layanan ini juga bisa dipertimbangkan walaupun tidak membutuhkannya setiap waktu, tapi bisa dimanfaatkan pada waktu-waktu darurat.

  • Kegiatan Bagi Anak
Beberapa hotel biasanya menyedian beragam event yang diperuntukkan bagi orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya berkegiatan. Kegiatan ini juga bisa dijadikan obat bagi anak yang sudah merasa bosan melakukan kegiatan berlibur.


4. Perhatikan aturan sarapan

Memperhatikan peraturan sarapan yang dimaksud adalah pada saat memesan kamar hotel, pastikan harganya sudah termasuk dengan fasiltas sarapan gratis.

Cek ketentuan hotel mengenai usia anak yang bisa mendapat sarapan gratis dan ketahui biaya tambahan jika membawa lebih dari satu anak.

5. Ukuran dan Dana

Pilihlah hotel yang sesuai dengan kondisi keuangan saat berlibur. Estimasikan pengeluaran dengan benar mulai dari kebutuhan hotel, pergi ke tempat wisata hingga keperluan lain.

Apabila estimasi pengeluaran sudah didapatkan, pilihlah ukuran atau jenis hotel yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Perhitungkan dengan cara berapa banyak anggota keluarga yang ikut, dari situ barulah tentukan jenis ruangan yang akan dipilih.

Pilihlah ukuran atau jenis kamar yang juga mendukung fasilitas untuk anak-anak.

6. Fasilitas Tambahan

Fasilitas selain fasilitas pendung anak juga bisa dipertimbangkan. Beberapa fasilitas yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih hotel di antaranya adanya lahan parkir, adanya retoran di dalam hotel yang bisa digunakan apabila anak membutuhkan makanan yang mendadak,

Selain itu, juga adanya Wi-Fi, dan fasilitas laundry yang bisa digunakan apabila tidak sempat mencuci pakaian karena kesibukan mengurus anak.

7. Membaca ulasan tamu sebagai pertimbangan

Setelah mendapatkan pilihan hotel, langkah terakhir yang bisa dilakukan sebelum memesannya yaitu melihat ulasan yang diberikan oleh tamu sebelumnya.

Mengecek ulasan tamu-tamu hotel sebelumnya digunakan sebagai acuan bahwa hotel tersebut memberikan fasilitas sesuai dengan yang ada di laman mereka.

Jangan sampai fasilitas dan pelayanan yang didapatkan tidak sesuai ekspektasi dan malah membuat anak rewel saat staycation.





Baca juga artikel terkait LIBURAN KELUARGA atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno

DarkLight