Tips Memilih Foundation yang Cocok Dengan Jenis Kulit

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 27 September 2019
Dalam memilih foundation Anda harus berhati-hati karena jika salah shade akan terlihat seperti memakai topeng dan belang.
tirto.id - Bagi sebagian perempuan make up menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang kebutuhan sehari – hari. Salah satu produk make up yang menunjang kebutuhan Anda adalah foundation alias alas bedak. Produk make up ini sangat berguna untuk membuat kulit wajah Anda tampak flawless dan sempurna. Dalam memilih foundie harus berhati-hati karena jika salah shade akan terlihat seperti memakai topeng dan belang.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih foundation di antaranya,

1. Memilih Foundation untuk Jenis Kulit Anda

Melansir laman Wikihow gunakan foundation bebas minyak untuk kulit yang cenderung berjerawat. Foundation yang tebal atau memiliki banyak pelembab justru dapat membuat kulit Anda lebih berminyak. Jauhi foundation berat yang dapat menyumbat pori-pori. Sebaliknya, pilih foundation yang ringan dan tidak akan menyebabkan jerawat.

2. Hindari Penggunaan Foundation yang Bisa Mengiritasi Kulit Sensitif

Jika kulit Anda bereaksi terhadap pembersih atau pelembab tertentu, Anda mungkin menemukan masalah yang sama dengan beberapa foundation.

Banyak perusahaan kosmetik, seperti Cover Girl dan Lancome, memiliki foundation yang bebas hypoallergenic atau noncomedogenic dan dirancang untuk kulit sensitif.

3. Pilih Foundation yang Sesuai Dengan Warna Kulit Anda

Saat memilih foundation Anda harus memastikan bahwa foundation tersebut sesuai dengan warna kulit Anda. Pilihan foundation yang terlalu putih atau terlalu gelap akan membuat wajah Anda terlihat aneh dan berbeda dengan kulit asli Anda. Cara memilihnya, usapkan sedikit foundation ke punggung tangan Anda kemudian ratakan. Jika warna foundation tersebut rata dan sama dengan warna kulit tangan maka foundation tersebut cocok Anda gunakan pada wajah.

4. Jaga Kulit Normal Tetap Sehat Dengan Foundation yang Ringan.

Jika Anda biasanya tidak memiliki masalah dengan kulit yang terlalu berminyak atau kering, foundation cair tipis atau pelembab berwarna akan meratakan warna kulit Anda dan menyembunyikan kelemahan kulit kecil.



Baca juga artikel terkait FOUNDATION atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight