Tips Memilih dan Mendekorasi Pohon Natal Buatan

Oleh: Balqis Fallahnda - 10 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Saat akan membeli pohon Natal buatan berbahan plastik, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.
tirto.id - Pohon Natal merupakan elemen penting dalam setiap perayaan Natal. Akan terasa kurang lengkap, jika saat perayaan Natal, tidak ada hiasan pohon cemara di rumah.

Namun, menyiapkan pohon cemara asli buat pelengkap perayaan Natal tidak mudah bagi sebagian orang. Belum lagi, di sebagian kasus, ada orang yang memiliki alergi sehingga tidak bisa berada di dekat pohon cemara.

Oleh karena itu, selama ini pohon cemara buatan yang berbahan dasar plastik menjadi pengganti untuk alternatif hiasan perayaan Natal, demikian dikutip dari laman Better Homes & Gardens.

Meski begitu, ebelum membeli pohon Natal buatan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yang menurut keterangan di laman Martha Stewart, adalah sebagai berikut.

Lokasi

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah mencari atau menentukan di mana pohon Natal akan diletakkan. Pastikan jaraknya lebih dari tiga kaki dari radiator atau sumber pemanas lainnya, agar tidak mengganggu aliran udara di ruangan. Sudut rumah biasanya merupakan pilihan terbaik.

Lebar dan tinggi

Pertimbangkan lebar ruangan dan tinggi langit-langit saat memilih pohon Natal. Ini saran Thomas Harman, pendiri dan CEO Balsam Hill, produsen pohon buatan terkemuka serta penyedia dekorasi liburan lainnya di Redwood City, California, AS.

"Dengan sebagian besar pohon, semakin tinggi mereka," jelasnya. "Mereka juga semakin lebar di pangkal."

Mengukur diameter ruangan tempat calon lokasi memajang pohon Natal berguna untuk tahu soal ukuran pas pohon buatan yang akan dibeli. Pohon buatan tersedia dalam berbagai ukuran. Harman merekomendasikan pohon yang setidaknya enam inci lebih rendah dari ketinggian langit-langit.

"Ini untuk memastikan bahwa ujung pohon Natal tidak akan menutupi langit-langit dan ada cukup ruang untuk puncaknya," kata Harman.

Bentuk

Pilih pohon dengan bentuk tidak terlalu besar jika tidak memiliki banyak ruang. Meski tak terlalu besar, banyak cabang pohon Natal buatan yang bisa dipakai untuk menggantung ornamen.

Warna

Secara alami, hijau adalah warna pohon buatan yang paling populer. Namun ada banyak warna lain yang tersedia jika ingin menggunakan sesuatu yang unik, seperti warna putih, emas, perak, atau bahkan merah jambu yang cantik.

Kemiripan dengan pohon asli

Aspek kemiripan dengan bentuk asli adalah masalah besar di industri pohon buatan. Pohon dengan harga lebih tinggi terlihat alami, dengan bentuk serupa tekstur, warna, dan kepadatan pohon asli.

Sementara pohon buatan dengan harga murah biasanya masih terlihat mirip dengan yang asli, tapi kurang sempurna. Untuk kasus seperti ini, pemberian gantungan hiasan mungkin bisa menolong.

Tentu saja, pilihlah harga pohon Natal buatan sesuai dengan kondisi keuangan.

Hiasan lampu

Pilih lampu yang jelas, warna-warni, atau campuran, LED atau pijar, dalam berbagai bentuk seperti kandil dan stroberi. Dalam hal kuantitas, paling sedikit 100 bola lampu per kaki (30,48 cm). Jadi, untuk pohon Natal berukuran 7,5 kaki (2,2 meter) setidaknya dihiasi 750 lampu.

Tips Mendekorasi Pohon Natal

Setelah memilih pohon Natal buatan yang tepat, bagian terpenting adalah mendekorasinya supaya terlihat lebih indah dan meriah.

Mengutip artikel di laman Better Homes & Gardens, ada beberapa tips menarik yang bermanfaat dalam mendekorasi pohon Natal sehingga lebih indah dan memikat. Ada setidaknya tiga tips yang dapat dipraktikkan.

Pertama, terkait dengan menggantung lampu di pohon Natal. Menambahkan lampu adalah langkah pertama saat menghias pohon Natal. Lampu pohon biasanya tersedia dengan untaian kabel hijau atau putih. Namun, saat ini kabel dengan variasi warna hitam juga tersedia.

Pilih warna kabel yang sesuai dengan pohon sehingga ia tak terlihat. Menerangi pohon Natal dari dalam ke luar akan memberikan tampilan paling dinamis. Mulailah dari dasar batang dan lanjutkan ke atas, lilitkan lampu di sekitar cabang utama, bergerak dari batang ke ujung, serta ke belakang.

Bereksperimen dengan skema pencahayaan yang berbeda sampai menemukan model yang paling disukasi bisa membantu. Jangan takut untuk mencampur dan mencocokkan lampu. Misalnya, latar belakang cahaya putih atau cerah dapat disorot dengan untaian lampu berwarna-warni di area luar pohon Natal.

Kedua, menggantung hiasan bunga. Tidak ada aturan tegas untuk mendekorasi pohon Natal dalam hal menggantungkan hiasan bunga. Untuk menghindari cabang menonjol di antara untaian hiasan bunga yang terjepit, sebaiknya mulai dari bagian atas pohon Natal, dan kemudian secara perlahan tambah pemasanganya di antara cabang hingga bagian bawah. Pasang sekitar dua untai karangan bunga untuk setiap bagian pohon yang vertikal.

Untuk menghindari tampilan yang terlalu ramai, hiasi pohon Natal dengan berbagai paduan antara buang polos dan mewah. Bunga kecil dan manik-manik baik digantung dari cabang ke cabang. Lalu kertas tebal, pita, atau bunga foil bisa diletakkan di sekitar pohon dengan jarak tidak rapat.

Ketiga, menggantung ornamen. Langkah terakhir dalam mendekorasi pohon Natal adalah dengan menggantungkan sejumlah ornamen hiasan. Untuk ornamen favorit, pasang di bagian utama yang mudah terlihat.

Selanjutnya, gantung ornamen besar, beri jarak secara merata di sekitar pohon. Pilih ornamen bola dalam satu warna dengan berbagai ukuran dan tekstur. Ia akan menciptakan kontinuitas dari atas ke bawah. Gantung yang lebih besar di bagian bawah, dan yang lebih kecil di bagian atas.

Pastikan pula menggantung beberapa ornamen lebih dekat ke bagian dalam pohon. Dengan cara ini, cahaya lampu akan mudah terpantul dan membuat pohon Natal terlihat berkilau dari bagian dalamnya. Terakhir, sempurnakan dengan menghias puncak pohon Natal.


Baca juga artikel terkait NATAL 2020 atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight