Tips Membawa Hewan Peliharaan Saat Berkendara dengan Mobil

Oleh: Alexander Haryanto - 7 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kesehatan hewan peliharaan merupakan salah satu hal penting untuk memutuskan membawanya ikut serta dalam perjalanan.
tirto.id - Beberapa pemilik hewan peliharaan akan merasa bersalah jika harus meninggalkan peliharaannya di rumah. Apalagi jika berencana untuk berlibur atau melakukan perjalanan dalam waktu yang lama.

Membawa hewan peliharaan dalam perjalanan bisa jadi salah satu solusi selain menitipkannya di tempat penitipan hewan. Cara ini lebih mungkin dilakukan jika perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Namun, mengajak peliharaan ikut serta dalam perjalanan bisa menjadi hal yang cukup sulit, khususnya jika berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan.

Sebelum mengajak si manis berkendara, simak beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pastikan hewan peliharaan dalam kondisi yang sehat

Kondisi hewan peliharaan yang sehat merupakan salah satu hal yang penting untuk memutuskan membawanya ikut serta dalam perjalanan. Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) hewan peliharaan rentan mengalami stres, takut, dan cemas selama melakukan perjalanan.

Kondisi ini bisa memperburuk apabila hewan peliharaan tidak dalam keadaan sehat. Maka dari itu pastikan untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan hewan peliharaan minimal 10 hari sebelum keberangkatan. Pastikan pula hewan peliharaan sudah menerima vaksin.

2. Biasakan hewan peliharaan terbiasa dengan suasana mobil

Sebelum memulai perjalanan jauh, pastikan hewan peliharaan sudah terbiasa dengan suasana kendaraan. Ajak si manis melakukan serangkaian perjalanan jarak dekat dengan mobil yang akan digunakan untuk perjalanan jauh. Menghabiskan lebih banyak waktu di mobil akan membantu hewan peliharaan lebih mudah beradaptasi.

3. Siapkan kandang yang aman dan nyaman

Pemilihan kandang juga perlu diperhatikan untuk menyiapkan perjalanan jauh dengan hewan peliharaan. Hal ini karena kursi di kabin mobil dirancang untuk manusia dewasa, yang mana kurang sesuai dengan peliharaan berukuran kecil seperti anjing maupun kucing. Sehingga membawa serta peliharaan di dalam kandang perlu dilakukan.

APSCA menyebutkan bahwa kandang yang baik harus cukup besar untuk hewan peliharaan berdiri, duduk, berbaring dan berbalik. Kandang juga harus disertai dengan ventilasi yang baik. Pastikan pula kandang terpasang dengan aman dan bebas dari benturan benda berat.

4. Siapkan makanan yang dikenal

Perjalanan bukanlah waktu yang tepat untuk hewan peliharaan mencoba makanan baru. Dikutip dari Petmd perubahan jenis makanan selama masa perjalanan hanya akan meningkatkan risiko hewan terkena masalah pencernaan. Makanan yang dibawa sebaiknya makanan yang sudah dikenal dan jika memungkinkan berikan si manis makanan kering yang lebih praktis.

5. Cegah bosan dengan mainan

Perjalanan jauh membuat hewan peliharaan menghabiskan waktu yang lama di dalam mobil. Sehingga bukan tidak mungkin hewan peliharaan bosan dan melakukan sesuatu yang mengganggu seperti mencakar kursi, menggonggong, atau hal-hal lain yang dapat memecah fokus pemilik saat berkendara.

Memberikan hewan peliharaan mainan kesukaannya dapat menjadi solusi untuk mencegah si manis bosan. Usahakan beri mainan yang sudah sering ia mainkan, bukan mainan yang baru di beli. Hal ini juga berlaku dalam pemilihan bantal maupun selimut.

6. Menyiapkan kotak P3K khusus untuk hewan peliharaan

Isi kotak P3K tersebut sesuai dengan kebutuhan hewan peliharaan, seperti kain kasa, perban khusus untuk hewan, obat penghilang rasa sakit, mual, dan salep yang sudah disetujui oleh dokter, kantong plastik, bukti vaksinasi dan sebagainya.


Baca juga artikel terkait HEWAN PELIHARAAN atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight