Tips Lulus Seleksi CPNS 2019 dari BKN dan Peserta CPNS 2018

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 20 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tips agar bisa lolos CPNS 2019 dari BKN dan peserta CPNS 2018 yang lolos di BKN.
tirto.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagikan tips untuk para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 agar bisa lulus tes.

Melalui akun YouTube BKN, Anty peserta CPNS 2018 dari BKN mengatakan ia bisa lulus CPNS karena kerja keras, belajar, dan manajemen waktu.

Menurut Anty, belajar mengerjakan soal-soal tes CPNS merupakan hal yang penting, karena dengan belajar, peserta terlatih untuk mengerjakan soal dengan lebih cepat dan tepat.

"Ada 100 soal, watunya 90 menit, jadi belajar bisa mengetahui tipe-tipe soal, agar bisa mengerjakan dengan cepat dan tepat supaya waktu yang digunakan sesuai," ujar Anty.

Saat tes CPNS menggunakan CAT dari BKN itu, Anty mengatakan ia tetap berusaha tenang karena waktu terbatas dan soalnya banyak. Ia memilih untuk fokus mengerjakan soal dan memilih soal yang paling mudah dahulu.

"Saya percepat mengerjakan soal mudah, supaya pas soal sulit seperti TKP [Tes Karakteristik Pribadi] bisa berpikir lebih lama," ujarnya.

Selain itu, Anty juga menandai soal yang sulit dengan cara menuliskannya di kertas buram yang dibagikan panitia.

"Soal-soal yang sulit itu akan saya cek di akhir, saya memastikan soal terjawab dengan tepat," katanya.

Berikut ini tips dari Anty dan BKN untuk menghadapi tes CPNS 2019.
  1. Harus punya niat yang kuat untuk jadi PNS.
  2. Harus selalu cek web resmi BKN untuk mengetahui informasi terbaru.
  3. Hati-hati dalam memilih formasi dan intstansi yang akan dituju.
  4. Belajar dan manajemen waktu yang baik.
  5. Berdoa dan minta doa restu dari keluarga.
  6. Berserah diri dan ikhlas akan hasil yang didapat.
Pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Joko Widodo beserta para kabinet barunya. Soal jadwal pendaftaran CPNS 2019 tersebut ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana.

Kepala BKN ini menyatakan pembukaan lowongan akan dibuka pada Oktober 2019, tetapi tanggal pastinya baru akan diumumkan usai pelantikan.

Bima mengatakan, awalnya pembukaan lowongan dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2019. Namun, rencana itu tidak dapat dilaksanakan karena harus menunggu pelantikan kabinet baru termasuk penentuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang baru.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight