Tips Lancar Daftar Prakerja 2022 Gelombang 40: Ada Fitur Liveness

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 8 Agu 2022 15:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tips lancar daftar Prakerja Gelombang 40: dari fitur liveness hingga masalah alamat.
tirto.id - Prakerja atau program Kartu Prakerja adalah bantuan yang diberikan untuk para angkatan kerja agar dapat melatih kompetensinya.

Untuk dapat mengikuti program tersebut, seseorang musti mendaftar terlebih dahulu dan tentunya ada tips agar pendaftaran tersebut lancar.

Berdasarkan cuitan prakerja.go.id di Instagram, pendaftaran untuk prakerja gelombang ke-40 dibuka pada 7 Agustus 2022, tepatnya pukul 12.00 WIB.

Terkait cara bergabung melalui gelombang ini, seseorang harus pergi ke website resmi Prakerja dan klik “Gabung Gelombang”.

Dalam proses pendaftaran di gelombang-4, setiap orang yang baru melamar atau yang belum verifikasi wajah wajib mengikuti fitur Liveness.

Melalui fitur ini, seorang pendaftar akan disuruh berkedip agar terdeteksi.

“Dengan fitur baru ini akan lebih menjamin bahwa setiap pendaftar Kartu Prakerja adalah manusia asli dengan adanya instruksi untuk mengedipka mata,” ungkap prakerja.go.id di Instagram.

Lantas, bagaimana tips agar seorang pendaftar lancar daftar Prakerja pada gelombang 40 ini?

Tips Lancar Daftar Prakerja Gelombang 40


Dalam proses pendaftaran, terdapat beberapa masalah yang terjadi. Di antara masalah tersebut misalnya terkait penggunaan fitur baru, masalah perizinan lokasi, dan kesalahan alamat peserta.

Berikut ini penjabaran tips untuk masing-masing masalah tersebut:

1. Tips untuk Fitur Liveness

Setelah peserta baru mengunggah KTP, maka fitur ini akan muncul. Selain itu, calon penerima bantuan yang tidak lolos verifikasi wajah di gelombang sebelumnya juga disuruh mengikuti fitur ini.

Dalam melakukan verifikasi melalui fitur baru, pertama kali calon penerima harus memastikan wajahnya tepat berada di tengah frame. Lalu, cahaya untuk mencerahkan kamera juga harus cukup.

Selain dua ketentuan di atas, peserta juga musti melepaskan seluruh aksesoris yang menutupi wajahnya.

Terakhir, foto dilakukan seorang diri dan jangan sampai ada orang lain yang ikut di dalam foto tersebut.

2. Tips untuk Masalah Perizinan Lokasi

Berdasarkan cuitan prakerja.go.id, masih ada pendaftar yang bertanya mengenai masalah perizinan lokasi yang ditolak.

Permasalahan ini pada umumnya terlibat dengan browser yang digunakan oleh pendaftar ketika melakukan registrasi Prakerja.

Untuk mengizinkan lokasi agar tidak terjadi permasalahan, pendaftar cukup pergi ke menu setting di browser.

Kemudian, cari tulisan mengenai privasi. Jika muncul pilihan tentang izin, pendaftar hanya perlu mengubahnya menjadi “izinkan”.

3. Tips untuk Masalah Alamat

Hal yang musti diperhatikan pertama kali dalam penulisan alamat ketika mendaftar adalah “harus sesuai dengan alamat KTP”.

Di bagian permasalahan ini, pendaftar hanya harus menulis alamat satu baris saja—tidak perlu mencantumkan RT/RW dan beberapa baris lain di bawahnya.

Selain itu, peserta juga musti memperhatikan penulisan apakah ada kesalahan atau tidak. Perhatian ini juga meliputi dengan penulisan spasi dan tanda baca yang tertera di KTP.

Terakhir, jangan tambahkan apapun dalam alamat yang sudah sesuai.

syar

Baca juga artikel terkait PRAKERJA GELOMBANG 40 atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dhita Koesno

DarkLight