Tips Kembali Bekerja di Kantor saat Kondisi 'New Normal'

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 5 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips kembali bekerja di kantor saat kondisi new normal di tengah pandemi Corona COVID-19.
tirto.id - Pemerintah sudah mencanangkan new normal atau hidup normal baru yang akan diterapkan dalam waktu dekat.

Jika diimplementasikan, kondisi new normal ini merupakan praktik relaksasi dari PSBB yang sudah dijalankan beberapa wilayah di Indonesia.

Itu artinya sebagian besar perkantoran yang selama ini menjalankan kerja dari rumah atau work from home (WFH) juga akan mulai melakukan penerapan kerja di kantor kembali.

Namun, kembali bekerja di kantor saat ini tentu saja berbeda dengan bekerja di kantor seperti kondisi sebelum adanya wabah COVID-19.

Melihat pemandangan orang memakai masker, jaga jarak (physical distancing), dan tidak melakukan kontak fisik seperti jabat tangan dan pelukan adalah hal umum di mana pada akhirnya semua akan mencapai kondisi 'normal' yang baru.

Untuk memastikan keamanan saat kembali bekerja di kantor saat kondisi new normal, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar seperti dilansir dari laman Khaleej Times:

    • Hilangkan furnitur dan aksesori yang ada di sekitar meja kerja dan tambahkan penghalang fisik untuk memastikan jarak sosial yang bebas gangguan. Jika penghalang tidak dapat digunakan, ruang tambahan antara pekerja harus dibuat. Misalnya, pastikan mereka memiliki setidaknya satu meja kosong di kedua sisinya.
    • Merapikan meja dan hanya menyimpan barang-barang yang penting untuk membantu bekerja secara efisien.
    • Pilih baju berbahan yang mudah dibersihkan atau mudah dicuci agar mudah dibersihkan dan didisinfektan. Pastikan juga memiliki semprotan yang akan berguna untuk membersihkan .
    • Jika masih memiliki kolega dan pemangku kepentingan yang bekerja dari rumah, miliki earphone yang bisa berguna untuk melakukan rapat secara virtual.
    • Simpan disinfektan agar semua permukaan bisa dibersihkan secara teratur. Termasuk ke layar laptop/komputer dan keyboard, ponsel, dan item lainnya di meja kerja.
    • Atur pengingat untuk mencuci tangan secara berkala. Bisa juga menggunakan catatan post-it atau ponsel, tetapi sebaiknya catatan itu mudah terlihat dan dapat diakses selama waktu bekerja.
    • Gunakan lebih banyak tanda secara umum di kantor. Pikirkan marka jalan untuk ruang secara profesional. Dari penandaan garis di area pintu masuk hingga titik berdiri di lift, dan dari lingkaran di sekitar meja hingga jalur di koridor, lantai dan dinding kantor.
    • Pendekatan lain yang mungkin adalah mendorong karyawan untuk berjalan searah jarum jam, menciptakan aliran satu arah untuk meminimalkan transmisi, seperti yang diadopsi oleh banyak rumah sakit selama wabah saat ini.
    • Simpan detail kontak darurat yang dengan mudah terlihat di meja kerja.
    • Jadwalkan waktu istirahat Anda dengan kolega. Ini mungkin bagian dari 'new normal, tetapi untuk memastikan ruang umum seperti koridor, lift, dapur tidak macet, dan bisa tetap terhubung dengan kolega, jadwalkan rapat dan waktu istirahat yang tidak tumpang tindih.
    • Hindari beban kerja yang berlebihan pada staf kebersihan dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, seperti menugaskan staf tambahan untuk tugas-tugas dan meninggalkan ruang kerja dengan rapi. Pastikan juga memiliki tisu dan tempat sampah yang dilapisi dengan kantong plastik sehingga dapat dikosongkan tanpa menyentuh isinya.


Baca juga artikel terkait NEW NORMAL atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight