Tips Kecantikan: Khasiat Madu buat Perawatan Wajah

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 5 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Madu sangat bermanfaat bagi kulit wajah, terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berjerawat atau autoimun seperti eksim atau psoriasis.
tirto.id - Madu adalah cairan alami yang dihasilkan oleh lebah. Madu dibentuk dari bahan alami perpaduan aktivitas enzim, bahan tanaman, dan bakteri hidup yang memiliki beragam.

Proses unik untuk menciptakan madu membuatnya sangat berharga dan bermanfaat bagi kecantikan, seperti membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan menghilangkan flek hitam atau noda pada kulit.

Madu mentah dan tidak dipasteurisasi memiliki potensi paling besar untuk aplikasi topikal pada kulit seperti diwartakan Healthline.

Manfaat menggunakan madu untuk wajah

Madu sangat bermanfaat bagi kulit wajah, terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berjerawat atau autoimun seperti eksim atau psoriasis. Bahkan pertumbuhan berlebih Candida dapat dikontrol dengan mengoleskan madu ke kulit Anda.

Madu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit Anda yang bermasalah atau rusak. Jika Anda memiliki masalah atau eksim, madu yang tidak dipasteurisasi dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Madu mentah juga merupakan exfoliator alami, yang berarti mengaplikasikannya ke wajah Anda akan menghilangkan kulit yang kering dan kusam.

Namun yang perlu perhatikan adalah madu yang Anda gunakan masih mengandung bakteri sehat agar efektif. Ini akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu mengurangi peradangan dan kemerahan.

Salah satu cara menggunakan madu untuk wajah Anda adalah mencampurkannya dengan bahan lain untuk membuat perawatan lebih maksimal dan menenangkan. Sebelum melakukan ini, pastikan untuk melakukan tes dengan menempal madu dan bahan-bahan lainnya untuk memastikan apakah Anda memiliki reaksi alergi atau tidak.

Cara membuat masker wajah dari madu

Jika Anda ingin mengaplikasikan penggunaan masker ke wajah Anda, beberapa cara ini bisa Anda terapkan.

1. Campurankan madu alami dan kayu manis sebagai kombinasi antioksidan dan antimikroba yang kuat.

2. Hangatkan campuran tersebut lalu oleskan ke kulit Anda dan biarkan selama delapan hingga sepuluh menit.

3. Bilas sepenuhnya menggunakan air hangat dan keringkan kulit Anda.

4. Jangan gunakan jika Anda alergi terhadap kayu manis.


Efek samping mengoleskan madu pada wajah

Selain memiliki banyak manfaat, madu juga memiliki efek samping meskipun hal itu sangat jarang terjadi. Namun jika terjadi reaksi alergi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut,

1. Pastikan untuk menghilangkan madu dari wajah Anda sebelum tidur. Madu yang tertinggal di wajah Anda dapat menarik debu dan kotoran lainnya, yang dapat memperburuk kondisi wajah Anda.

2. Pastikan madu yang Anda gunakan sebagai bahan masker masih alami atau murni dan belum tercampur bahan lain seperti pemanis dan mengawet buatan.

3. Jika reaksi alergi semakin parah maka segera hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat.


Baca juga artikel terkait MADU atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight