Tips Investasi Emas Yang Menguntungkan untuk Jangka Panjang

Oleh: Addi M Idhom - 22 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Terdapat sejumlah tips yang perlu diperhatikan agar investasi emas bisa menguntungkan untuk jangka panjang.
tirto.id - Banyak orang saat ini berminat menginvestasikan uangnya dengan mengandalkan instrumen emas. Membeli emas saat ini memang merupakan salah investasi yang cukup aman dan menguntungkan. Apalagi, harga emas selama ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Namun, masyarakat yang hendak berinvestasi dengan membeli emas perlu memperhatikan sejumlah hal agar tetap untung, terutama untuk jangka panjang. Dengan begitu, modal investasi tidak menyusut dan justru bisa bertambah.

Business Development Director Lakuemas, Junior Sambyanto menyarankan masyarakat memerhatikan beberapa hal sebelum membeli emas.

"Tentukan tujuannya sebelum membeli emas, untuk berinvestasi atau hanya sebagai koleksi," kata Junior di Jakarta 'Bertumbuh bersama emas sebagai sarana penyimpan harta' pada Jumat (22/11/2019) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, jika ingin melakukan investasi, masyarakat bisa membeli emas murni dalam bentuk emas batangan fisik. Selain itu juga dapat melakukan investasi emas secara online.

"Jika membeli emas dalam bentuk perhiasan, harganya bisa turun ketika dijual kembali di toko atau dalam keadaan cacat fisik," kata Junior.

Junior juga mengingatkan calon investor perlu memperhatikan fluktuasi harga emas.

Sedangkan Pemilik Sembada Gold, Hendry Wijaya memberi saran agar masyarakat berinvestasi emas batangan sesegera mungkin untuk jangka panjang.

"Saya support investasi emas sejak muda, jangan telat, saran mulai sedikit per bulan misalnya membeli emas satu gram. Di emas batangan untuk jangka panjang," ujar Hendry.

Di acara yang sama, VP Precious Metal Sales & Marketing UBPP Logam Mulia PT Antam, lwan Dahlan menyebut, masyarakat juga penting membeli emas yang bersertifikat. Sebab, sertifikat dibutuhkan sebagai tanda keaslian emas.

Misalnya, kata dia membeli emas produksi Antam. Alasan dia, Antam merupakan produsen emas yang memiliki sertifikasi LBMA (London Bullion Market Association).

"Ini menjamin kualitas kadar, proses produksi yang bertanggung jawab dan sesuai dengan standar internasional," ujar dia.

Selain itu, Iwan menambahkan, emas cocok untuk berinvestasi karena komoditas ini tidak terpengaruh oleh inflasi. "Kenaikan dan penurunan harga emas juga tidak drastis dalam jangka pendek," ujar lwan.

Kata Iwan, emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi dengan risiko relatif rendah sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

"Nilai dari emas tergolong stabil karena emas memiliki volatilitas yang lebih rendah dibandingkan instrumen investasi Iainnya. Dalam jangka panjang, trennya juga selalu naik," ujar dia.


Baca juga artikel terkait EMAS atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight