Tips Ganti Oli Motor Matic dan Daftar Merek Oli yang Bisa Dipilih

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 22 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mengganti oli mesin motor matic perlu dilakukan secara tepat memperpanjang usia pakai kendaraan.
tirto.id - Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dalam merawat sepeda motor matik yaitu secara rutin, adalah mengganti oli mesin secara rutin.

Fungsi utama oli ialah memastikan pelumasan yang cukup di semua bagian mesin motor sehingga meminimalkan gesekan dan menghambat keausan. Jika keausan berjalan cepat, maka dipastikan usia mesin tidak berlangsung lama.

Oli mesin motor matik bekerja dengan melumasi dua bagian penggerak, lalu menutupinya dengan lapisan tebal nan licin. Agar ada efek yang maksimal, maka sistem pelumasan harus mengalirkan oli secara terus menerus di seluruh bagian mesin.

Di samping itu, keberadaan oli akan turun mendinginkan mesin. Begitu mesin dimatikan, oli akan mengalir ke wadah oli. Adapun oli dengan kualitas baik, akan mendingin di bak oli dan menjaganya tidak melewati titik didih.

Mengutip dari The Drive, memilih oli mesin motor matic yang cocok itu penting. Pasalnya, oli motor dimodifikasi bukan hanya untuk melumasi saja, tapi juga memiliki bahan dasar aditif yang berguna membersihkan formasi karbon yang mengumpul di mesin. Dengan demikian, ada sisi perlindungan tambahan bagi mesin motor.


Mengganti oli secara rutin bisa memperpanjang usia mesin sekaligus meningkatkan performanya. Di samping itu, dengan mesin yang bersih bakal meningkatkan keiritan penggunaan bahan bakar dan memaksimalkan keluaran mekanis mesin.

Memilih oli mesin motor matic juga tidak boleh sembarangan. Minimal, gunakan oli yang telah direkomendasikan pabrikan motor. Apabila ingin mencoba oli di luar standar pabrik, tips dari Top Speed berikut bisa diperhatikan.

Pertama, pilih oli sesuai kebutuhan dan rutinitas. Jika motor kerap dipakai untuk melewati jalanan padat dan sering berhenti, pilih oli yang mengandung zat aditif. Sebab, zat itu dapat menurunkan panas mesin yang diakibatkan seringnya motor berhenti dan jalan.

Kedua, kenali spesifikasi oli yang diperlukan mesin. Setiap pabrikan akan memberi rekomendasi kekentalan oli mesin yang cocok dipakai untuk motor buatannya. Ada perbedaan kekentalan oli di tiap jenis motor seperti motor bebek, motor matic, dan motor sport. Untuk motor matic, gunakan oli mesin yang memiliki kode API SL (Standart American Petroleum Institute) L.

Ketiga, gunakan oli berkualitas. Ada harga, ada kualitas. Kurang lebih begitu dalam memilih oli mesin terbaik. Selain itu, pastikan oli yang dibeli original karena ditemukan pula oli palsu yang dapat berdampak buruk pada mesin jika dipakai.

Oli original biasanya dengan mudah ditemukan di outlet resmi. Selain itu, demi kualitas disarankan memilih oli yang telah bersertifikat API dan JASO.


Arti API, yaitu oli telah diuji oleh American Petroleum Institute dan banyak digunakan di Eropa. Sementara oli yang berkode JASO, artinya oleh sudah melalui pengecekan Japanese Automotive Standar Association dan dipakai di Jepang.

Pilihan oli mesin motor matic di Indonesia cukup banyak. Beberapa merek ini mungkin cocok untuk motor matic Anda:

  • TOP1 Action Matic. Spesifikasi SAE 10W-40 atau SAE 20W-4
  • AHM SPX 2. Spesifikasi SAE:10W-30, API-SL, JASO:MB
  • Yamalube Matic. Spesifikasi SAE:20W-40, API SL, JASO MB
  • Castrol Power1 Scooter 4T. Spesifikasi SAE: 10W-40, API SL, JASO MB
  • Suzuki Genuine Oil (SGO) Scooter Matic. Spesifikasi 10W-40, API SL, JASO MB
  • Repsol Moto Matic 4T. Spesifikasi SAE: 10W-30, API SJ, JASO MB
  • Motul 0.8L Scooter 4T LE. Spesifikasi SAE: 10W-30, API SJ, JASO MB
  • Evalube PRO Synthetic Sintetik 4T. Spesifikasi SAE 10W-30, API SL, JASO MA2
  • Federal Matic. Spesifikasi SAE 10W-30, API SL, JASO MB
  • Top 1 Evolution Matic. Spesifikasi SAE 10W-40, API SL, JASO MB.

Baca juga artikel terkait OLI MOTOR atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight