Tips Diet Pesepak bola Profesional Eropa: Makan Ceri Hingga Dendeng

Oleh: Febri Eka Pambudi - 24 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Selain rajin melakukan latihan dan olahraga, pola makan juga menjadi salah satu faktor untuk menjaga kondisi tubuh para pemain bola.
tirto.id - Pemain sepak bola harus tetap menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat dan tidak kelebihan berat badan. Hal ini dilakukan untuk mendukung tampil prima ketika bermain.

Selain rajin melakukan latihan dan olahraga, pola makan juga menjadi salah satu faktor untuk menjaga kondisi tubuh.

Pola makan yang cukup dan memiliki nilai gizi seimbang, akan membantu pemain sepak bola dalam menjaga stamina saat bermain dilapangan. Menurut laman Fourfourtwo, jika pemain akan berlari di sekitar lapangan sepak bola, pemain membutuhkan persediaan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral berkualitas baik dalam sistem tubuhnya.

Selain itu, sebagian besar pemain sepak bola akan melakukan diet sehat terhadap pola makannya. Menurut laman Independent, di masa dulu, setelah selesai bermain, beberapa pemain akan menyantap hidangan seperti steak dan keripik.

Namun, saat ini sebagian besar pemain telah fokus pada nutrisi yang ada dalam makanan mereka, sehingga memiliki dampak saat mereka bermain di lapangan nanti.

Sangat penting bagi pemain sepak bola untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap supaya membantu dalam bermain 90 menit di lapangan. Ilmuwan olahraga Armando Vinci, mengungkapkan bahwa nutrisi adalah salah satu kebutuhan utama pemain. Ini karena nutrisi dapat mempengaruhi ketahanan, dan pemulihan tubuh.

"Nutrisi memengaruhi segalanya, mulai dari tingkat ketahanan dan kecepatan pemain hingga pemulihan, hingga pola tidur mereka," kata ilmuwan olahraga Armando Vinci, kepada The Times, seperti yang dikutip dalam Independent.

Berikut, tips dan trik diet yang dilakukan pesepak bola professional, menurut Independent.

1. Berhenti minum minuman penambah stamina olahraga.

Mengkonsumsi minuman stamina olahraga setiap kali berolahraga dapat menjadikan tubuh siap untuk dipaksa bekerja keras. Tubuh akan tetap bekerja meskipun sudah mencapai batas, karena adanya banyak kalori yang terdapat dalam minuman tersebut.

"Pemain perlu berolahraga cukup keras selama setidaknya satu jam untuk menjadikannya bermanfaat, jika tidak, Anda secara efektif memberi diri Anda dosis gula yang tidak perlu," kata John Brewer, profesor ilmu olahraga terapan di Universitas St Mary, Twickenham.

2. Makan dendeng

Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi protein sangat penting untuk pemulihan otot. Beberapa makanan ringan yang dijumpai di supermarket dipenuhi dengan makanan ringan yang mengklaim menawarkan peningkatan protein saat bepergian. Namun, ada camilan yang lebih baik saat di konsumsi usai latihan sepak bola yakni dendeng. Makanan tersebut diprediksi akan menjadi alternatif untuk menambah protein tubuh.

"Dendeng sapi adalah camilan protein berkualitas tinggi yang memberi tubuh Anda asam amino esensial yang dibutuhkan untuk membangun, memelihara, dan memperbaiki otot," kata Nancy Rodriguez, profesor ilmu gizi di University of Connecticut.

3. Batasi nighthades

Banyak orang menemukan makanan yang merupakan bagian dari keluarga nightshade - termasuk paprika, tomat, terong dan kentang yang sulit untuk dicerna. Beberapa pemain selalu diminta untuk mengurangi konsumsi saus tomat. Hal ini karena tomat mengandung senyawa yang dapat menghalangi penyerapan kalsium oleh tubuh.

"Mereka mengandung senyawa yang menghalangi penyerapan kalsium oleh tubuh dan saya selalu menyarankan pemain untuk mengurangi jumlah waktu mereka mengonsumsi saus pasta berbasis tomat," kata Vinci.

4. Makan blueberry, ceri, dan biji delima

Bukan hanya makanan berat dengan nutrisi yang lengkap yang harus selalu dikonsumsi, mengonsumsi, blueberry bersama dengan ceri dan biji delima sangat dianjurkan untuk pemain sepak bola. Ini karena jenis buah tersebut mengandung anti-inflamasi, sehingga membantu pemulihan pada tubuh.

Blueberry khususnya adalah pilihan yang bagus sebelum pertandingan karena mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Antioksidan ini dapat menetralkan radikal bebas yang dihasilkan selama metabolisme dan melindungi tubuh terhadap efek merusak dari radikal bebas ini," kata konsultan fisiologi olahraga dan olahraga, Dr. Stewart Laing.

Blueberry adalah sumber karbohidrat sehingga membantu pemain bahan bakar sebelum berolahraga dan mereka juga tidak meningkatkan kadar insulin.

5. Kelola konsumsi karbohidrat

Saat bermain, pemain sepak bola akan membakar kalori sebanyak-banyaknya pada tubuh. Sehingga para pemain sangat membutuhkan asupan karbohdrat yang cukup. Pemain sepak bola profesional membutuhkan sekitar 7 gram karbohidrat per kilogram berat badan pada hari pertandingan untuk mengoptimalkan resintesis glikogen. Namun pada hari-hari pemulihan ini turun menjadi 2 gram per kilogram berat badan.


Baca juga artikel terkait DIET atau tulisan menarik lainnya Febri Eka Pambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febri Eka Pambudi
Penulis: Febri Eka Pambudi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight