Tips Dekorasi Rumah Praktis Buat Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

Oleh: Yuda Prinada - 18 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Libur panjang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bisa dimanfaatkan guna mendekorasi ulang rumah.
tirto.id - Berakhirnya tahun baru 2020 di tengah pandemi COVID-19, memaksa banyak orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu libur Natal dan akhir tahun di rumah bersama keluarga.

Namun, pandemi selama hampir setahun penuh mungkin membuat banyak orang bisa merasakan ketidaknyamanan dan kebosanan di dalam rumah sendiri.

Pelaksanaan kebijakan work from home (bekerja dari rumah) atau WFH serta peraturan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 telah membatasi waktu banyak orang berkegiatan di luar rumah selama berbulan-bulan.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini merupakan momen penting yang bisa dimanfaatkan untuk bercengkrama bersama keluarga. Mendekorasi rumah untuk menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bisa menjadi opsi menghabiskan waktu libur yang cukup lama.

Tentu saja, mendekorasi ulang rumah tak perlu dilakukan secara besar-besaran yang memerlukan biaya besar dan melelahkan. Cukup dengan dekorasi praktis, kita dapat mengubah rumah menjadi tempat tinggal yang lebih nyaman dan indah untuk menikmati libur akhir tahun bareng keluarga.

Dikutip dari Antaranews dan The Design Twins, terdapat beberapa tips dekorasi rumah praktis yang dapat diterapkan untuk menyambut libur natal dan akhir tahun ini. Setidaknya 8 tips berikut bisa dipraktikkan dengan mudah dalam mendekorasi ulang rumah.

Gunakan Simetri

Ini merupakan tips paling sederhana yang dapat diterapkan di ruangan tempat berkumpul dengan keluarga. Dengan keseimbangan sketsa, ruang akan terlihat menarik karena terlihat rapi dan lebih menenangkan. Meskipun dekorasinya banyak, dengan simetri ruang akan tetap terlihat minimalis.

Tentukan Skema Warna

Penentuan skema ini memiliki andil penting dalam menentukan suasana hati. Suasana netral bisa diwujudkan dengan warna hijau muda dan putih. Nuansa lebih tradisional dengan merah dan hijau tua pun bisa menjadi pilihan. Bahkan warna campuran seperti silver dan emas pun tetap menarik.

Pilih Tema Dekorasi


Pemilihan tema dekorasi tentunya memberikan dampak terhadap penampilan ruangan di rumah. Untuk mendesain dekorasi rumah, juga tidak perlu memiliki keahlian profesi desainer.

Cukup dengan memikirkan konsep, seseorang bisa menjadi desainer untuk rumah sendiri. Untuk mempertahankan kesan ‘praktis’, memanfaatkan barang yang sudah dimiliki sangat disarankan.

Setelah itu, mencari referensi di media sosial untuk mencari inspirasi tema dekorasi bisa pula jadi solusi. Misalnya, untuk mencari inspirasi tema modern minimalis dan pantai natal.

Tata Ulang Perabot di Dinding

Opsi ini dimaksudkan untuk menghilangkan kebosanan dengan barang yang biasa terlihat di rumah dalam waktu yang lama. Rak dinding, misalnya, bisa berbentuk lingkaran atau segitiga agar kesan menarik bisa dimunculkan tanpa mengurangi fungsi perabot ini.

Sulap Meja Makan

Perubahan dekorasi meja makan terbukti dapat mempengaruhi selera makan setiap orang. Dengan mengganti taplak meja dengan bentuk dan warna favorit, akan memberikan kesan menarik yang membuat keluarga tercinta merasa senang berada di meja makan.

Taruh Kue Kering di Toples Cantik

Bukan hanya warna meja makan, kecantikan toples yang diletakkan di atasnya juga memberikan pengaruh terhadap keindahan suasana makan saat libur natal dan akhir tahun keluarga di rumah.

Pasang Hiasan Dinding

Kesan yang ditimbulkan dari dinding bukan hanya pilihan warnanya, tapi juga hiasan di sisi-sisinya. Hiasan ini tentu dapat menambah estetika ruangan. Misalnya, dengan memasang bingkai cantik yang temanya sesuai dengan rancangan.

Pajang Ornamen Kecil di Sudut Ruangan

Sudut yang kosong membuat kesan ruangan terlalu biasa. Berkat ornamen kecil, kekosongan akan terlihat lebih terisi dan tentunya menambah pengaruh keartistikan ruang. Contoh benda kecil yang bisa digunakan untuk mengisi sudut surangan yang kosong adalah lilin.


Baca juga artikel terkait LIBUR NATAL atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Addi M Idhom
DarkLight