Tips dan Cara Merawat Kesehatan Pencernaan

Kontributor: Anisa Wakidah - 5 Okt 2021 17:06 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah tips merawat dan menjaga kesehatan pencernaan.
tirto.id - Kesehatan organ pencernaan sangat bergantung pada pola makan Anda. Makanan yang Anda konsumsi serta gaya hidup punya dampak langsung terhadap kesehatan organ pencernaan. Oleh sebab itu, penting mengambil langkah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan karena akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sistem pencernaan berfungsi memecah makanan sehingga menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, makanan yang sehat mampu memberikan energi dan meningkatkan fungsi organ vital. Maka penting bagi Anda untuk menjaga sistem pencernaan dengan mengonsumsi makanan yang tepat serta menerapkan kebiasaan makan yang baik.

Perubahan nutrisi dapat berpengaruh terhadap penanganan masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan seringkali mengganggu aktivitas, misalnya seperti mulas, gas berlebih, sembelit, dan diare. Berikut adalah tips menjaga kesehatan pencernaan seperti dilansir laman Cleveland Clinic dan Everyday Health.


10 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

1. Mengonsumsi makanan berserat tinggi

Maria Adams pemilik Halsa Nutrition dan seorang asisten profesor nutrisi Endicott College di Beverly mengatakan, dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti: biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan dapat meningkatkan pencernaan Anda.

Makanan akan mudah dicerna sehingga Anda akan jarang merasa sembelit. Mengonsumi makanan berserat tinggi juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai masalah pencernaan, seperti: ivertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar atau Irritable Bowel Syndrome (IBS).

2. Mengonsumsi serat larut dan tidak larut

Serat larut mengandung bahan-bahan makanan nabati. Serat ini tidak dapat dicerna oleh tubuh, namun berfungsi menambah jumlah kotoran Anda. Di sisi lain, serat larut memiliki fungsi menarik air dan membantu mencegah tinja yang terlalu cair.

Serat tidak larut misalnya terdapat pada dedak gandum, sayuran, dan biji-bijian, sementara makanan seperti dedak gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan menyediakan serat larut.

3. Batas makanan berlemak tinggi

Adams menyebutkan, secara umum makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan dan akan membuat Anda rentan terhadap masalah pencernaan seperti sembelit.

4. Pilih daging tanpa lemak

Protein adalah bagian penting dari pola diet sehat. Namun perlu diingat, beberapa potongan daging berlemak dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan. Anda dapat memilih potongan daging tanpa lemak.

5. Konsumsi prebiotik dan probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri dan ragi sehat di saluran pencernaan Anda. Maria Adams mengklaim, probiotik bermanfaat dalam membantu menjaga tubuh tetap sehat dengan memerangi efek dari pola makan yang buruk.

Selain itu, probiotik dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan bahkan mungkin membantu mengobati IBS (Irritable Bowel Syndrome).

Selain probiotik, prebiotik juga dapat membantu pencernaan Anda. Prebiotik bertindak sebagai makanan untuk probiotik. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics prebiotik bermanfaat dalam membantu bakteri sehat di usus. Prebiotik dapat ditemukan pada buah-buahan seperti pisang, sayuran seperti pada bawang, gandum dan biji-bijian.

6. Makan sesuai jadwal

Adams menyebutkan, mengonsumsi makanan dan camilan sehat secara teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan.

7. Tetap terhidrasi

Minum air putih secara cukup sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Serat menarik air ke dalam usus besar sehingga feses lebih lembut dan lebih besar, hal ini memungkinkan feses dapat keluar dengan lebih mudah.

8. Kurangi kebiasaan merokok, alkohol, dan mengonsumsi kafein secara berlebihan

Minuman keras, rokok, dan kopi atau minuman berkafein lainnya dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan sehingga menyebabkan masalah seperti sakit maag dan mulas.

9. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga makanan tetap bergerak melalui sistem pencernaan. Berolahraga juga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat serta baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

10. Mengelola stres

Terlalu banyak stres atau rasa cemas yang berlebih dapat menyebabkan overdrive pada sistem pencernaan Anda.


Baca juga artikel terkait PENCERNAAN atau tulisan menarik lainnya Anisa Wakidah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Anisa Wakidah
Penulis: Anisa Wakidah
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight