Tips dan Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Ibu Menyusui

Oleh: Dhita Koesno - 29 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tips dan cara mengatasi rambut rontok pada ibu menyusui: coba potongan dan warna rambut baru.
tirto.id - Kehamilan ternyata tidak hanya mengubah tubuh wanita, tetapi juga dapat menyebabkan beberapa perubahan aneh yang tidak terduga pada rambutnya atau yang disebut Postpartum Hair Loss.

Dikutip dari situs What To Expect, rata-rata orang kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari, hanya saja tidak sekaligus, dan kondisi ini banyak yang tidak menyadarinya.

Namun, ketika sedang hamil, hormon kehamilan bisa mencegah rambut-rambut itu rontok dan justru membuat rambut terlihat subur seperti supermodel, atau sangat tebal sehingga sulit untuk menyisirnya.

Tetapi setelah melahirkan dan saat hormon-hormon kembali normal, semuanya akan berakhir dan rambut justru menjadi semakin banyak yang rontok.

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan


Menyusui sering disalahkan sebagai penyebab kerontokan rambut, padahal tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa menyusui menyebabkan atau meningkatkan kerontokan rambut pada masa nifas.

Meskipun kondisi ini bisa menjadi ekstrim (disebut Postpartum Alopecia), beberapa rambut rontok adalah normal dan merupakan bagian alami dari postpartum.

Very Well Family mewartakan, kebanyakan ibu akan mengalami gejala ini sekitar tiga bulan setelah melahirkan. Ini bisa bertahan beberapa minggu atau beberapa bulan, tergantung pada berapa lama siklus rambut Anda bertahan.

Seringkali ibu hamil lupa bahwa mereka masih dianggap postpartum pada saat ini dan tidak berpikir untuk menghubungkan persalinan dengan gejala ini.

Mungkin beberapa orang pernah memperhatikan selama kehamilan bahwa rambutnya tampak bagus, lebih penuh dan lebih cerah daripada waktu lainnya.

Salah satu alasannya adalah Anda kemungkinan besar mengonsumsi vitamin prenatal, yang membantu rambut jadi terlihat terbaik.

Alasan lainnya adalah saat hamil rambut Anda memasuki siklus tidak aktif dan Anda kehilangan lebih sedikit rambut. Ini disebut fase telogen.

Kemudian rambut akan masuk ke fase berikutnya (telogen effluvium) dan rontok. Karena itu, ketika melahirkan, Anda mulai kehilangan semua rambut yang tidak hilang pada saat hamil.

Rambut rontok dan tumbuh kembali mungkin paling terlihat di area di atas dahi. Jika Anda mendapatkan banyak rambut ekstra saat hamil, dan ini bisa terlihat sangat dramatis.

Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan


Berikut cara menjaga rambut dan mengatasi kerontokan setelah melahirkan seperti dilansir laman Parents:

1. Coba potongan dan warna baru.

Jika sebelumnya Anda memiliki rambut panjang, atau potongan berlapis dengan potongan yang turun ke dagu di depan, Anda mungkin perlu mempersingkat rambut tersebut menjadi poni panjang yang membingkai wajah.

Stylist selebriti Oribe (yang kliennya termasuk Jennifer Lopez dan Gwyneth Paltrow) setuju bahwa tampilan rambut pendek di depan atau poni adalah yang terbaik.

Poni Brigitte Bardot yang seksi, pendek di tengah, lebih panjang di samping akan terlihat bagus, kata Oribe. Selain itu, melapisi seluruh rambut juga akan membuat Anda lebih baik.

Mewarnai rambut juga merupakan cara yang bagus untuk memberikan volume, kata Scuoppo.

Jika merasa garis rambut surut dan Anda memiliki rambut gelap, menonjolkan bagian depan dapat bertindak sebagai kamuflase. Atau coba berikan vitamin dan perawatan yang memberikan kilau pada rambut.

2. Jaga rambut agar tidak licin dan lembab.

Oribe juga mengatakan bahwa menggunakan produk yang tepat dapat memberikan ilusi rambut tampak lebih penuh.

Cari mousse penambah volume di apotek atau salon. Selain itu, selalu gunakan kondisioner atau pelembab rambut tanpa bilas setelah keramas.

3. Ganti bagian belahannya.

Jika Anda biasanya membelah rambut di tengah, bagian samping dapat menyamarkan rambut yang menipis di pelipis.

4. Tambahkan tekstur.

Gaya rambut yang rapi dan lurus membuat rambut yang menipis lebih terlihat jelas. Jika Anda biasanya meniup rambut keriting atau bergelombang Anda, sekarang mungkin saatnya menggunakan ikal alami.

Tetapi bila memiliki rambut lurus, coba gunakan rol Velcro atau alat pengeriting rambut untuk membuat rambut terlihat lebih segar.

5. Kenakan hiasan rambut.

Bando, syal, dan bandana adalah cara yang menyenangkan dan bergaya untuk menyamarkan rambut rontok. Mereka sangat populer di kalangan ibu baru yang memiliki sedikit waktu untuk perawatan rambut.


Baca juga artikel terkait RAMBUT RONTOK SETELAH MELAHIRKAN atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight