Tips dan Cara Membuat Film Bagi Pemula Versi Angga Sasongko

Oleh: Alexander Haryanto - 19 Desember 2019
Angga Sasongko mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat film adalah menyiapkan skenarionya.
tirto.id - Sutradara Angga Dwimas Sasongko membagikan sejumlah tips dan cara membuat film khusus untuk pemula. Hal itu ia sampaikan dalam diskusi Huawei Film Awards di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/12/2019).

Langkah pertama yang harus dilakukan, kata Angga, adalah menyiapkan skenario. Sebab, skenario adalah salah satu hal yang paling penting dalam film. Namun, saat ini cukup dimudahkan karena bisa belajar membuat skenario dari YouTube.

"Jadi mau pakai kamera canggih sedunia, kalau skenarionya jelek, ya filmnya jelek aja," ujar Angga seperti dilansir Antara.

Angga mengatakan, film yang bagus harus mampu menyampaikan isi ceritanya dengan baik ke penonton, sehingga pesannya tersampaikan. "Kunci dari kesuksesan sebuah film itu story telling harus bagus."

Selain itu, menurut Angga, kamera hanyalah alat penunjang untuk menyampaikan emosi agar penonton bisa ikut merasakannya. "Tools atau kamera hanya support system untuk menyampaikan emosi ke penonton," kata dia.

Akan tetapi, film yang bagus juga bisa dilihat dari adu akting dari para pemain film tersebut. Dan peran sutradara, kata dia, mengarahkan para pemain itu agar bisa mengeluarkan kemampuannya yang paling maksimal.

"Jangan pakai pemain karena lagi naksir sama seseorang terus diajak main film. Tapi apakah kita perlu bekerja dengan aktor profesional, enggak juga. Saya bekerja dengan berbagai macam aktor," kata dia.

Bahkan, menurut dia, di filmnya berjudul 'Cahaya Dari Timur', hampir 90 persen pemainnya belum pernah melihat kamera.

Salah satu hal yang sering dilupakan para pembuat film, kata Angga, adalah tahap pre-production. Sebab, dalam tahap itu, Angga mengatakan, bisa menghabiskan waktu yang lebih lama dibanding syuting.



Baca juga artikel terkait CARA MEMBUAT FILM atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Film)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight