Tips dan Cara Membersihkan Lensa Kamera

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 16 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meskipun disarankan mendatangi tempat servis kamera guna membersihkan lensa, namun akan lebih baik bila setiap pemilik kamera bisa membersihkan lensanya sendiri.
tirto.id - Kamera harus selalu rutin dibersihkan, terutama pada lensanya. Namun, proses pembersihan debu, sidik jari atau noda pada lensa harus dilakukan secara hati-hati. Dan tidak diperbolehkan untuk membersihkan dengan kain. Tujuannya agar lensa tidak tergores atau rusak.

Meskipun disarankan untuk mendatangi tempat servis kamera guna membersihkan lensa, namun akan lebih baik bila setiap pemilik kamera bisa membersihkan lensanya sendiri. Namun untuk menghindari goresan dan kerusakan lain pada lensa, ada beberapa cara yang tepat untuk membersihkannya. Berikut tips dan caranya seperti dilansir dari The Phoblogapher:

1. Lens blower

Lens blower adalah alat yang bisa digunakan untuk membersihkan lensa. Sebelumnya, pastikan kondisi blower benar-benar bersih, untuk mengetahuinya, bisa dengan cara meremas alat itu. Kemudian, dekatkan dengan lensa tanpa menyentuh kacanya. Lebih baik, gunakan lens blower searah dengan permukaan lensa.

Jangan pernah meniup lensa dengan mulut karena udara yang ditiupkan melalui mulut dapat membawa air liur yang justru akan memperparah kondisi lensa.

2. Lens brush

Gunakan lens brush dengan bahan bulu yang lembut dan baik untuk menghindari goresan pada permukaan lensa, disarankan yang berbahan bulu unta. Kemudian, bersihkan dengan lembut permukaan lensa, lalu tutup kembali brush untuk menghindarkan dari kontaminasi.

Jangan tekan brush pada permukaan lensa gua. Selain itu, disarankan untuk tidak menyentuh brush dengan apa pun termasuk tangan secara langsung, terlebih pada bagian bulu.

3. Tisu pembersih

Simpan kain atau tisu pembersih yang digunakan pada plastik tertutup guna menghindari kontaminasi. Bersihkan dengan arah memutar, mulai dari bagian tengah lensa ke arah luar. Hal ini agar kotoran dan debu yang menempel tidak kembali ke bagian tengah lensa.

Lebih baik untuk tidak mencuci kain dengan bahan pelembut saat membersihkannya. Penggunaan bahan pelembut untuk mencuci kain akan meninggalkan bahan kimia yang meninggalkan goresan. Jangan pula gunakan kaos, kertas tisu, atau kain handuk untuk membersihkan lensa. Bahan-bahan kain tersebut justru menambah goresan pada permukaan lensa.

4. Cairan pembersih

Pilihlah cairan pembersih dengan bahan alkohol. Gunakan selalu dust-free option seperti kain lap khusus lensa dan semprotkan cairan pembersih pada kain lap tersebut sebelum membersihkan permukaan lensa.

Jangan menyeprotkan langsung cairan pembersih pada permukaan lensa terlebih pembersih lensa yang hanya mengandung detergen dan air. Hal tersebut akan membuat masalah semakin buruk.


Baca juga artikel terkait KAMERA atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight