Tips dan Cara Aktifkan Fitur Instagram Shopping untuk Jual Produk

Oleh: Balqis Fallahnda - 8 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Instagram Shopping memungkinkan para pengguna bisa lebih mudah mempromosikan dan menjual produk bisnisnya.
tirto.id - Instagram Business menyediakan etalase bagi usaha pengguna. Sehingga, orang bisa menjelajahi produk unggulan yang dimiliki oleh pengguna aplikasi ini.

Dengan Instagram Shopping, pengguna bisa menunjukkan produk bisnisnya melalui postingan dan Instastory. Pengguna juga bisa memperkenalkan produk jualannya melalui Cari & Jelajahi.

Fitur Instagram Shooping memungkinkan seseorang untuk melihat detail produk pada halaman bisnis. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mengetuk label produk pada postingan atau stiker produk.

Maka, pengguna kemudian akan diarahkan ke halaman deskripsi produk yang berisi gambar dari postingan, deskripsi, harga, dan tautan yang akan mengarahkan langsung ke situs di mana orang-orang dapat membelinya.


Fitur Instagram tersebut memberikan peluang bagi pebisnis yang ingin mengoptimalkan penjualan produknya dengan menggunakan akun Instagram. Lantas, bagaimana cara aktifkan fitur Instagram Shopping? Berikut langkah-langkahnya, seperti dikutip dari laman resmi Instagram.

1. Konfirmasi Kelayakan

Pelanggan dapat menyiapkan Instagram Shopping, jika bisnisnya sudah memenuhi semua syarat ini:

  • Bisnis berlokasi di PASAR YANG DIDUKUNG
  • Bisnis memiliki produk yang memenuhi syarat
  • Bisnis mematuhi PERJANJIAN PEDAGANG dan KEBIJAKAN PERDAGANGAN Instagram
  • Bisnis memiliki domain situs yang akan digunakan untuk berjualan

2. Ubah Menjadi Akun Bisnis Atau Kreator


Setelah memiliki akun bisnis, Anda dapat menambahkan informasi bisnis yang relevan, seperti jam operasional, alamat bisnis, nomor telepon, dan tautan ke situs web Anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah akun Anda menjadi akun bisnis:

  • Buka profil Anda dan ketuk menu (3 baris garis) di sudut kanan atas.
  • Ketuk Pengaturan.
  • Ketuk Akun.
  • Ketuk Beralih ke Akun Profesional.
  • Ketuk Bisnis.
  • Jika mau, Anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk menghubungkan akun profesional ke Halaman Facebook yang terkait dengan bisnis Anda. Langkah ini opsional, tetapi akan memudahkan Anda menggunakan semua fitur yang tersedia untuk bisnis di jajaran aplikasi Facebook. Saat ini, hanya satu Halaman Facebook yang bisa dihubungkan ke akun profesional Anda.
  • Tambahkan detail, seperti kategori bisnis dan informasi kontak Anda.
  • Ketuk Selesai.

3. Hubungkan Ke Halaman Facebook

Berikut langkah-langkah menautkan akun Instagram business ke suatu halaman Facebook:

  • Buka profil Instagram bisnis
  • Pilih “Edit Profil”
  • Di bagian “Informasi Bisnis Publik”, pilih “Halaman”
  • Pilih Halaman Facebook dari Halaman Anda yang akan dihubungkan
  • Jika Anda tidak memiliki Halaman Facebook, pilih “Buat Halaman Facebook Baru”
  • Catatan: Yang diperlukan hanyalah Halaman Facebook, bukan Toko Halaman Facebook.

4. Unggah Katalog Produk


Instagram Shopping didukung oleh katalog produk. Ada dua cara menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Business Anda.

Pertama adalah Pengelola Katalog, yaitu metode “mandiri” yang tersedia di Pengelola Facebook Business. Katalog adalah wadah yang menyimpan informasi tentang semua barang yang ingin diiklankan atau dijual melalui Facebook dan Instagram. Anda bisa menghubungkan katalog Anda ke berbagai jenis saluran iklan dan penjualan untuk menunjukkan barang Anda kepada orang lain, termasuk Toko di Facebook dan Instagram, iklan dinamis, dan lainnya. Tata cara membuat katalog bisa dilihat melalui link ini.

Kedua, Partner Platform Ecommerce yaitu integrasi melalui salah satu partner platform ecommerce Instagram yang telah besertifikasi, seperti Shopify atau BigCommerce. Daftar platform tersebut bisa dilihat melalui link ini.

5. Peninjauan Akun

Setelah menghubungkan katalog produk ke Instagram dan katalog sudah diisi dengan produk, ajukan peninjauan akun. Peninjauan akun biasanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi terkadang lebih lama. Peninjauan akun bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka profil Instagram bisnis, lalu ketuk “garis tiga”
  • Pilih “Pengaturan”
  • Daftar untuk shopping
  • Ikuti langkah-langkah mengajukan peninjauan akun.
  • Buka “Belanja” di “Pengaturan” untuk melihat status Anda setiap saat.

Beberapa pelaku bisnis mungkin mendapat pemberitahuan bahwa diperlukan informasi tambahan untuk membuktikan kepemilikan domain situs webnya. Jika pengguna menerima pemberitahuan seperti itu, ikuti langkah-langkahnya untuk menyelesaikan proses verifikasi domain agar dapat mengajukan peninjauan akun.

6. Aktifkan Fitur Belanja

Setelah akun disetujui, pengguna dapat mengaktifkan fitur Belanja. Namun, jika fitur Belanja tidak muncul di Pengaturan, akun pengguna mungkin masih dalam proses peninjauan atau belum disetujui untuk memanfaatkan fitur Instagram Shopping. Cara mengaktifkan fitur belanja adalag sebagai berikut:

  • Buka profil Instagram bisnis, lalu ketuk “garis tiga”
  • Pilih “Pengaturan”
  • Ketuk “Bisnis” lalu ketuk “Belanja”
  • Pilih “Katalog Produk” yang ingin Anda hubungkan ke akun.
  • Pilih “Selesai”

7. Sematkan Tanda Belanja

Setelah fitur Belanja diaktifkan, pengguna dapat menggunakan Tanda Belanja untuk menyoroti produk-produk di foto dan video yang ditampilkan di Kabar Beranda dan Stories.

Untuk menandai produk dalam postingan Instagram, bisa dimulai dengan mengunggah foto seperti biasanya, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini sebelum memposting:

  • Ketuk "Tambahkan Foto"
  • Tambahkan keterangan
  • Ketuk "Tandai Produk"
  • Ketuk foto
  • Cari produk
  • Pilih produk
  • Ketuk "Selesai"
  • Ketuk "Bagikan"

8. Buat Stiker Belanja di Stories

Setelah memilih gambar untuk ditampilkan di Stories, untuk membuat stiker maka pengguna bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini, sebelum memposting:

  • Ketuk ikon stiker di sudut kanan atas
  • Pilih stiker produk dari baki stiker
  • Pilih produk yang ingin dipromosikan dari katalog
  • Pindahkan stiker produk ke tempatnya muncul di Stories sesuai keinginan
  • Ubah warna teks stiker produk dengan mengetuk stiker tersebut
  • Bagikan story.

Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight