Tips Cari Uang dan Peluang Bisnis Online saat Pandemi Corona

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 23 Agustus 2020
Dibaca Normal 3 menit
Saat ekonomi lesu dan PHK marak pada masa pandemi corona, sejumlah peluang bisnis online dapat dimanfaatkan untuk mencari uang.
tirto.id - Pandemi virus corona (Covid-19) berdampak pada berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali dunia kerja dan perekonomian. Angka pengangguran pun meningkat saat pandemi mengingat banyaknya perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hingga April 2020 saja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat ada 1,5 juta pekerja terdampak pandemi COVID-19. Sekitar 10 persen dari 1,5 juta pekerja tersebut terkena PHK dan 90 persen dirumahkan.

Sedangkan data dari Kamar Dagang Industri (Kadin) menunjukkan angka lebih besar. Hingga bulan Mei 2020, sebanyak 6 juta pekerja di Indonesia sudah terkena PHK dan dirumahkan karena banyak perusahaan tidak memiliki cashflow yang normal.

Perinciannya: 2,1 juta pekerja korban PHK dari sektor industri tekstil, 1,4 juta pekerja transportasi darat, 400 ribu pekerja sektor mall, dan sisanya berasal dari beberapa sektor.

Di sisi lain, masa pandemi corona juga memberikan peluang bagi sejumlah jenis bisnis. Aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring (online) dinilai memainkan peranan penting dalam kondisi pandemi maupun setelahnya.

Peluang tersebut sangat terbuka mengingat aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah atau dikenal sebagai work from home (WFH) dijalankan semua orang dalam rangka menghindari infeksi virus corona.

Dalam artikel betajuk "Prospek bisnis daring di era pandemi COVID-19" yang dilansir Antaranews, dijelaskan bahwa ada banyak sektor bisnis menguntungkan yang tumbuh pada masa pandemi.

Sebagai contoh, platform kesehatan online menjadi semakin populer mengingat kebutuhan publik akan informasi medis dan konsultasi online dengan dokter meningkat. Sarana teknologi pendidikan pun dibutuhkan selama masa pandemi covid-19.

Selain itu, bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi pada masa pandemi, mengingat jual-beli online marak dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik. Transaksi jual-beli online ini juga turut mengerek aktivitas bisnis di sektor jasa pengiriman barang.

Masih banyak sektor usaha lain yang potensial untuk digarap pada masa pandemi. Jika anda ingin memulai bisnis pada masa pandemi, cobalah pertimbangkan hobi yang menghasilkan uang. Anda bisa memanfaatkan keterampilan yang selama ini dinilai positif oleh banyak orang, demikian saran dari Ross Kimbarovsky, CEO Crowdspring, seperti dilansir cnbc.com.

Selain itu, ciptakan identitas merek kuat, manfaatkan jejaring sosial untuk menjaring ide baru dan memberikan penawaran, serta berkomitmen untuk menindaklanjuti rencana yang sudah disusun.

Dikutip dari Forbes, berikut sejumlah peluang bisnis yang dapat dikerjakan di rumah dan memakai sarana online, serta berpotensi menghasilkan uang selama masa pandemi.

1. Buat Konten Video Tutorial di Youtube

Belakangan, banyak content creator membuat video panduan atau kursus tertentu yang diunggah di Youtube. Pekerjaan ini sangat mungkin dilakukan pada masa pandemi.

Agar bisa menghasilkan uang, pastikan memonetisasi video dengan mengenakan biaya langganan atau konten yang dilindungi sandi hanya untuk pelanggan yang membayar. Monetisasi juga dapat dilakukan dengan memasang iklan yang difasilitasi Youtube. Gunakan frasa atau kata kunci yang sering dicari orang dengan mengetik "cara [topik Anda]" di judul konten.

2. Mengajar Bahasa Inggris online

Jika Anda mahir berbahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya, pakai kemampuan tersebut untuk mengajar orang lain. Anda dapat mengajar bahasa inggris via online untuk beberapa siswa dari berbagai negara.

Di antara situs yang dapat diakses untuk mengajar online adalah GoOverseas.com dan TeachAway. Melalui situs tersebut, Anda dapat mengajar bahasa Inggris online untuk siswa dari Cina, misalnya.

Sedangkan melalui situs iTutorGroup, Anda bisa mengajarkan bahasa Inggris secara online kepada anak-anak dan orang dewasa, seperti di Taiwan.

3. Jual Foto

Jika Anda mempunyai keterampilan fotografi, menjual karya di sejumlah situs penyedia stok foto bisa menjadi peluang bisnis. Fotografer dapat mengunggah karyanya ke salah satu dari sejumlah situs database foto, yang memungkinkan editor majalah, desainer, atau organisasi apa pun untuk membelinya. Beberapa situs itu di antaranya Shutterstock, Photoshelter, dan Getty Images.

4. Menjadi Penerjemah dan Juru Bahasa

Jika Anda menguasai beragam bahasa internasional, ada kesempatan mendapatkan proyek jasa penerjemahan (teks) atau juru alih bahasa (interpreter lisan) online yang sangat banyak. Salah satu yang bisa dimanfaatkan ialah situs Welocalize. Situs tersebut menempati peringkat teratas dalam daftar 20 perusahaan terbaik penyedia pekerjaan online pada tahun 2020.

5. Bisnis Konten dan Pengembangan Web

Layanan pengembangan web dan konten sangat mungkin dilakukan pada masa pandemi seperti ini. Anda bisa menawarkan jasa pengembangan web dan penyediaan kontennya untuk mendapat uang tambahan.

6. Riset dan Survei Internet

Mengisi survei online pada saat waktu luang dapat menambah pemasukan Anda. Jika Anda berniat melakukannya, layanan situs Qmee bisa digunakan. Di situs tersebut, Anda dapat mengikuti survei Qmee dan membagikan pendapat tentang merek tertentu. Situs lain, seperti SurveyBods, Survey Junkie dan Valued Opinions, juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan serupa.

7. Menjadi Copywriter

Pekerjaan copywriter dapat dilakukan di negara mana pun. Copywriting menyediakan peluang yang sangat luas dan menjanjikan. Salah satu keuntungan menjadi copywriter lepas ialah mendapatkan bayaran dalam dolar AS. Jika ingin mengetahui tips tentang cara menjadi copywriter dan mendapat penawaran jasa di bidang ini, Express Writers adalah salah satu situs yang bisa dikunjungi.

8. Membuat Podcast

Anda dapat membuat podcast untuk menghasilkan uang secara online. Cukup siapkan mikrofon, laptop, dan perangkat lunak perekaman gratis untuk membuat podcast. Anda tidak perlu membuat podcast setiap hari, cukup seminggu sekali dengan durasi yang tak terlalu panjang. Anda dapat menggunakan podcast untuk menarik sponsor komersial atau mengiklankan produk sendiri.

9. Narator Audiobook

Popularitas buku audio saat ini semakin meningkat di berbagai negara. Kemudahan mengakses audiobook melalui smartphone membikin banyak orang tertarik dengan produk ini. Banyaknya permintaan produk audiobook juga membuka peluang pekerjaan freelance sebagai narator, atau pengalih isi buka dari teks menjadi suara. Salah satu situs yang menyediakan informasi tentang bagaimana menghasilkan uang dari menjadi narator audiobook adalah bookriot.com.

10. Bisnis Dropship

Bisnis dropship bisa dilakukan, hanya dengan modal akses internet. Anda bisa menghubungkan pembeli dengan produsen dan mendapatkan uang dari hasil transaksi. Penjualan memakai sistem Dropship bisa dilakukan dengan sarana media sosial maupun membuka toko online di situs-situs e-commerce. Jika mendapatkan pembeli, anda bisa menghubungi produsen dan mereka yang akan mengirimkan barang. Artinya, bisnis jual-beli online ini bisa dilakukan dengan modal cekak.


Baca juga artikel terkait BISNIS ONLINE atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Bisnis)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Addi M Idhom
DarkLight