Tips Cara Menghilangkan Flek Hitam dan Melasma

Oleh: Desika Pemita - 26 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Menghilangkan flek hitam dan melasma bisa dengan menjalani perawatan medis atau menggunakan bahan alami.
tirto.id - Flek atau bintik hitam pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya. Melanin memberi warna pada mata, kulit, dan rambut.

Flek di kulit juga bisa disebut sebagai melasma, kondisi ketika muncul bercak warna coklat keabu-abuan di kulit, demikian dikutip dari situs American Academy of Dermatology Association (AAD).

Medical News Today menyebutkan, flek hitam biasa terjadi di wajah, bahu, dan punggung tangan. Warnanya berkisar dari coklat muda sampai tua, tergantung pada warna kulit seseorang.

Teksturnya sama dengan kulit dan tidak menyakitkan. Namun ada yang terlihat membesar seiring berjalannya waktu.

Banyak faktor yang menyebabkan flek hitam dan melasma. Mengutip dari DermNet, sebanyak 60 persen kasus melasma dikarenakan faktor keturunan.


Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan melasma, yakni: paparan sinar matahari yang berlebihan; faktor hormonal; dan obat atau produk yang mengandung pewangi, hingga diabetes.

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Perawatan

Flek hitam atau bintik hitam terkadang membuat seseorang kurang percaya diri. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dilakukan dengan metode perawatan.

Untuk perawatan disarankan berkunjung ke dokter kulit yang akan memberikan resep obat atau krim kulit. Namun dalam beberapa kasus, perlu dilakukan prosedur khusus untuk mengurangi bintik hitam, atau menghilangkannya.

Prosedur ini lebih mahal daripada hanya sekadar mengoleskan krim, namun cenderung bekerja lebih cepat. Berikut macam-macam metode perawatan untuk menghilangkan flek hitam.

Pertama, perawatan laser. Salah satu perawatan laser paling umum untuk merawat bintik hitam pada kulit menggunakan laser yang menargetkan melanin dan memecah bintik hitam.

Kedua, mikrodermabrasi. Selama mikrodermabrasi, dokter kulit menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan abrasif untuk mengangkat lapisan luar kulit. Perawatan ini mendorong pertumbuhan kolagen baru, yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik.

Ketiga, pengelupasan kimiawi. Perawatan ini melibatkan pengolesan larutan pada kulit, yang mengelupas permukaan, dan memicu pertumbuhan kulit baru. Secara bertahap, metode ini akan dapat memudarkan bintik-bintik hitam pada kulit.

Keempat, cryotherapy. Perawatan ini merupakan prosedur yang melibatkan pemberian nitrogen cair ke bercak gelap untuk membekukannya, dan melukai sel kulit. Kulit seringkali menjadi lebih cerah setelahnya.

Kelima, penggunaan krim pencerah kulit. Biasanya ini bekerja secara bertahap dan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengurangi munculnya bintik hitam. Disarankan menggunakan resep dokter.

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami

Beberapa bahan alami bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam. American Society for Dermatological Surgery tidak merekomendasikan jus lemon atau scrub abrasif, karena metode ini dapat memperburuk bintik hitam. Berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan.

Pertama, cuka sari apel mengandung asam asetat. Cukup dengan campurkan cuka sari apel dan air, kemudian dioleskan ke kulit, diwartakan Healthline.

Kedua, lidah buaya mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami yang terbukti mencerahkan kulit dan bekerja secara efektif sebagai perawatan hiperpigmentasi tidak beracun, menurut sebuah studi tahun 2012. Cukup oleskan gel lidah buaya ke area flek hitam sebelum tidur.

Ketiga, bawang merah mengandung allium cepa, bahan dalam krim pemutih kulit dan bekas luka. Gosokkan bawang merah di aera flek hitam, lalu bilas.

Keempat, air teh bisa mencerahkan kulit. Oleskan di bagian flek hitam dan diamkan, lalu bilas.

Kelima, susu terbukti efektif meringankan perubahan warna kulit. Rendam kapas di susu selama sekitar 20 menit, lalu usapkan di bagian flek hitam.


Baca juga artikel terkait MASALAH KULIT atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Addi M Idhom
DarkLight