Tips Cara Memaksimalkan Pencahayaan Ruangan di Rumah

Oleh: Ahmad Efendi - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Memaksimalkan pencahayaan setiap ruangan di dalam rumah bisa dilakukan dengan mengandalkan sumber alami, penataan sistem lampu dan pemilihan cat interior.
tirto.id - Bagi seseorang yang sedang merancang hunian terbaik untuk keluarganya, hal utama yang harus diketahui adalah bahwa pencahayaan ruangan menjadi salah satu elemen yang penting.

Sayangnya hal ini kerap terlupakan. Padahal, penataan pencahayaan ruangan di rumah tak hanya mempengaruhi keseluruhan visual desain, tetapi juga kenyamanan hingga kesehatan penghuni.

Sebagaimana dilansir dari Forbes, meski hal ini mungkin dianggap klise, pencahayaan yang baik di rumah sangat penting karena dapat memengaruhi suasana hati (mood) penghuninya.

Pencahayaan ruangan harus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas di dalamnya. Sistem pencahayaan ruangan yang buruk, bisa memberikan sejumlah dampak buruk.

Di antara dampak buruk itu adalah peningkatan kelembapan ruangan yang dapat berujung pada rusaknya perabotan, hingga tumbuhnya parasit dan bakteri penganggu kesehatan.

Lalu, bagaimana cara mempersiapkan pencahayaan ruangan yang baik dan tepat untuk hunian keluarga. Berikut tips memaksimalkan pencahayaan ruangan di rumah.

1. Utamakan sumber pencahayaan alami

Sebelum mengutak-atik sistem lampu untuk pencahayaan ruangan di rumah Anda, mulailah dari memaksimalkan pencahayaan alami.

Pastikan setiap ruangan memiliki bukaan untuk sumber pencahayaan yang natural. Jendela pintu, jendela rumah, bahkan skylight bisa jadi pilihan untuk sistem pencahayaan alami di rumah.

Berikan bukaan secukupnya untuk ruangan dengan kebutuhan cahaya cukup. Maksimalkan jumlah bukaan di ruangan yang memerlukan lebih banyak pencahayaan.

2. Lengkapi pencahayaan ruangan dengan sistem lampu

Setelah bukaan pada ruang telah dimaksimalkan, lengkapi pencahayaan ruangan dengan lampu. Dalam memilih lampu, pastikan Anda memahami setiap fungsi bola lampu yang digunakan, mulai dari lampu utama, lampu dekoratif, hingga lampu sorot.

3. Beberapa jenis sistem pencahayaan untuk setiap ruang utama

Dikutip dari laman HGTV, memaksimalkan sistem pencahayaan di masing-masing ruangan utama begitu penting. Untuk ruang-ruang utama, pastikan sistem pencahayaan memiliki beberapa mode yang bisa digunakan sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Pastikan satu sistem pencahayaan ruangan utama untuk aktivitas penting. Tambahkan hidden light atau spot light yang sedikit redup jika Anda hendak beristirahat, dan tambahan lampu-lampu hias lainnya. Dengan begitu, sistem pencahayaan ruangan menjadi lebih fleksibel.

4. Buat Permainan warna elemen interior dan lampu

Perlu diketahui, warna dari cat interior juga akan mempengaruhi suasana pencahayaan ruangan. Jika Anda menginginkan ruangan terang, gunakanlah warna-warna terang seperti putih, abu-abu muda, atau krem dengan lampu berwarna putih untuk buat pencahayaan lebih terang.

Untuk ruangan yang perlu cahaya redup, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna earthy-tone dengan lampu berwarna kuning yang bisa menghidupkan nuansa lebih hangat.

5. Utamakan sumber energi ramah lingkungan

Prioritaskan sistem pencahayaan ruangan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Ini tak hanya akan membantu sistem pencahayaan menjadi lebih baik. Memilih lampu yang ramah lingkungan dan hemat energi juga mengurangi taguhan biaya listrik.


Baca juga artikel terkait RUMAH atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight