Tips Atasi Starter Mobil Macet, Termasuk yang Dipicu Masalah Dinamo

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 24 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada sejumlah penyebab mesin motor atau mobil sulit dihidupkan, salah satunya adalah masalah pada dinamo starter.
tirto.id - Dinamo Starter adalah salah satu bagian penting dalam mesin kendaraan. Bagian tersebut adalah komponen utama untuk menghidupkan mesin mobil.

Dikutip dari laman Suzuki, selain alternator dan aki yang soak, kerusakan dinamo starter pun bisa menjadi penyebab mesin mobil tidak bisa dihidupkan (di-starter).

Meski begitu, alternator dan dinamo starter merupakan komponen yang jarang rusak. Kerusakan pada dinamo starter hanya terjadi jika komponen ini sudah melampau batas maksimal pemakaian di kisaran waktu 8 sampai 10 tahun. Namun, jika komponen itu tidak dirawat dengan baik maka sangat mungkin pada masa mendatang starter tiba-tiba mati dan mengalami kerusakan.

Sebagaimana dilansir laman Daihatsu, ada sejumlah tips untuk mengatasi masalah mesin mobil sulit dihidupkan. Salah satunya adalah tidak memaksa dinamo untuk bekerja terus-terusan saat starter macet. Sebab, hal itu akan membuat dinamo starter panas, mudah mengalami kerusakan dan tidak awet.

Solusinya ialah membiarkan mesin terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum mencoba men-starter ulang. Jika sudah mencobanya dan mesin masih belum dapat dihidupkan, anda sebaiknya menunggu sampai dinamo dingin dahulu, kemudian mencoba lagi men-starter.

Selain itu, anda dapat mengecek carbon brush pada dinamo. Karena salah satu penyebab starter mesin cepat rusak ialah disebabkan oleh carbon brush dinamo yang habis. Hal itu dapat membuat putaran pada dinamo melemah dan mengeluarkan suara bising yang tak enak didengar saat anda mencoba men-starter kendaraan anda.

Oleh karena itu, pengecekan carbon brush dinamo secara rutin diperlukan untuk merawat dinamo starter. Jika dinamo mengeluarkan suara aneh disarankan agar segera mengecek komponen itu.

Pengecekan aki mobil secara rutin juga diperlukan untuk merawat dinamo starter. Sebab, saat aki mobil habis maka suplai listrik ke dinamo juga akan melemah dan membuat mesin mobil sulit di-starter.

Tips lainnya ialah mengecek baterai dan aki motor. Cara ini berguna karena ada dua kemungkinan permasalahan pada baterai jika starter tidak menyala, yaitu sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterainya rusak.

Jika mobil masih belum bisa di-starter setelah diketahui bahwa kondisi baterai maupun aki motor masih bagus, langkah selanjutnya ialah mengecek rangkaian di starter dinamo. Pengecekan ini perlu dilakukan karena kemungkinan ada sejumlah kabel yang putus atau tombol starter kotor.

Solusi untuk kabel yang putus selain menggantinya dengan yang baru adalah dengan mencoba menyambung kembali kabel tersebut. Meski tidak dapat tahan lama, cara ini bisa menjadi solusi sementara, terlebih kalau ada kendala biaya. Sementara jika tombol starter kotor, komponen ini dapat dibersihkan dengan amplas halus.

Kerusakan pada bendik juga dapat menyebabkan starter tidak bisa menyala. Sebab, komponen itu berfungsi seperti saklar yang bisa memutus dan menghubungkan arus listrik dari baterai atau aki ke starter motor. Satu-satunya solusi atas kerusakan bendik ialah mengganti dengan yang baru.

Selanjutnya, penyebab motor tidak bisa distarter ialah dinamo meski hal ini jarang terjadi. Namun jika setelah dicek ternyata memang terjadi kerusakan maka kemungkinan kerusakan tersebut ada pada brush yang habis atau kumparan yang putus.

Untuk membuatnya normal kembali, anda dapat mengganti brush tersebut dengan yang baru dan lebih disarankan untuk memperbaiki kumparan di bengkel terdekat.


Baca juga artikel terkait MESIN MOBIL atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Addi M Idhom
DarkLight