Tips Agar Terhindar dari Penipuan Online Shop

Oleh: Versatile Holiday Lado - 28 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari penipuan online shop.
tirto.id - Belanja secara daring (online shopping) semakin diminati, apalagi untuk mereka yang sibuk dan hanya punya sedikit waktu. Dengan berbelanja online, Anda dapat mencari barang hanya dengan cara mengklik untuk membeli barang tersebut

Namun, di balik kemudahan itu, biasanya para pembeli mengeluhkan masalah keamanan. Sebab, internet bisa menjadi tempat para pencuri virtual yang memanfaatkan online shop sebagai perantara mereka. Itulah sebabnya kita perlu waspada terhadap penipuan yang bisa saja terjadi melalui transaksi belanja online.

Berikut yang dapat dilakukan agar terhindar dari penipuan online shop, seperti dilansir dari cekaja.com.

1. Memeriksa identitas penjual

Identitas penjual yang sangat penting diketahui adalah nama perusahaan, alamat, email, kontak yang dapat dihubungi. Perhatikan juga tanda verifikasi yang tertera pada identitas penjual. Biasanya tanda tersebut berada di setiap web misalnya top seller, star seller, verified seller, dll.

2. Melihat testimoni atau ulasan pembeli

Ulasan dari pembeli sebelumnya dapat menjadi pegangan untuk mengetahui kredibilitas online shop tersebut. Hal ini dilakukan agar konsumen baru dapat memastikan perusahaan yang akan berurusan dengan tanpa ada masalah.

Namun, sekarang ini Anda juga tidak boleh terlalu percaya dengan ulasan yang diberikan. Bisa saja perusahaan tersebut membuat ulasan palsu seakan-akan pembeli puas dengan barang yang dijual. Jika hal itu terjadi, perhatikan gaya tulisannya. Ulasan yang terlalu berlebihan perlu diwaspadai.

3. Lindungi informasi pribadi

Biasanya situs web online shop akan meminta rincian kartu kredit, alamat dan nomor telepon. Jika situs web tersebut meminta sesuatu yang berlebihan, Anda perlu curiga. Karena hanya dengan informasi standar, Anda akan terhindar dari penipuan.

4. Perhatikan harga

Pembeli akan tertarik dengan harga yang terjangkau dengan kualitas baik. Tetapi, jika harga yang diberikan terlalu murah, hal itu perlu dicurigai. Kita juga perlu berpikir realistis, bahwa barang yang berkualitas akan sebanding dengan harga yang diberikan.

5. Pembayaran yang aman

Anda perlu berhati-hati dalam mengeluarkan uang terutama dalam proses transaksi secara online. Sebagai perhatian khusus dan paling penting untuk membayar pada halaman yang diamankan (terdapat logo kunci dengan URL yang dimulai dengan “http”).

Untuk melakukan pembayaran, akan lebih aman jika menggunakan rekening bersama karena jika terjadi penipuan, uang Anda akan aman dan dikembalikan.


Baca juga artikel terkait ONLINE SHOP atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Bisnis)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight